KEMBANGKAN MBKM MANDIRI, JURUSAN PLS FIP UNNES GANDENG MITRA LINTAS SEKTORAL

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sukses menyelenggarakan kegiatan penandatanganan MOA dan IA dengan Mitra Lintas Sektoral (26/1/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai mitra diantaranya Badan Pengembangan Media Pembelajaran (BPMPK) Kemdikbud, SKB Kabupaten Semarang, PKBM Budi Lestari, PKBM Max Kidz, PKBM HSPG Primagama, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP VICO), Yayasan Anantaka, Yayasan Kalandara, dan Desa Kalongan Kabupaten Semarang. Kegiatan penandatanganan MoA dan IA ini awali dengan acara pembukaan Lagu Indonesia Raya dan Mars UNNES. Dilanjutkan dengan sambutan pertama dari Ketua Jurusan PLS Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd.

“Harapan lembaga dengan adanya program MBKM Mandiri ini, mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang lebih konkrit dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap sebagai calon pendidik dan pengelola pada Pendidikan Nonformal baik dalam bidang studi maupun diluar bidang studi Pendidikan Luar Sekolah untuk mewujudkan kecemerlangan pendidikan” Ujar Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd dalam sambutannya.

Kemudian dilanjutkan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M.Si

“Kolaborasi menjadi sebuah kebutuhan Lembaga khususnya dalam implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Kolaborasi ini bertujuan untuk pengembangan dua Lembaga khususnya di Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai instansi yang menjadi basis kecemerlangan Pendidikan. Semoga FIP akan menjadi lebih Inspiratif selalu memberikan inspirasi untuk pendidikan di Indonesia” Tambah Dr. Edy Purwanto, M.Si. selaku Dekan FIP UNNES saat mengisi sambutan.

Kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim bahwa terdapat 8 kegiatan belajar yang dikembangkan. Mahasiswa dapat memilih sendiri kegiatan MBKM yang ditawarkan antara lain: (1) Asistensi mengajar, SKB Kab. Semarang, PKBM Budi Lestari, PKBM Max Kidz, PKBM Primagama), (2) Magang/ Praktik kerja (LKP VICO, Balai Besar Pendidikan dan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang, Badan Pengembangan Media Pembelajaran (BPMPK) Kemdikbud), (3) Proyek Kemanusiaan: Yayasan Anantaka. Yayasan Kalandara. (4) Membangun Desa/ Pengabdian Masyarakat: Desa Kalongan Kab. Semarang. Selain itu Jurusan ingin bersinergi, berkolaborasi dalam kegiatan MBKM di lembaga Mitra.

Acara dilanjutkan dengan paparan sosialisasi program MBKM oleh Sekretaris Jurusan PLS Abdul Malik, S.Pd., M.Pd.  yang menjelaskan tentang rancangan program MBKM dari tahapan dan linimasa dimulai dari tanggal 31 Januari 2021. Rangkaian program tersebut diantaranya sosialiasi dan pemesanan, pengumuman penempatan, pembekalan, penerjunan, pelaksanaan, penarikan, pelaporan dan luaran dan di akhiri dengan kegiatan seminar hasil yang dilakukan pada tanggal 25 Juni 2022. Adapun rincian kegiatannya antara lain minggu pertama melakukan indentifikasi, minggu kedua dan ketiga merancang program kegiatan, minggu ketiga dan empat belas melaksanan program, dan minggu ke empat belas adalah evaluasi. Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi dari para peserta yang membahas berkaitan dengan teknis perencanaan, pelaksanaan dilapangan dan evaluasi yang dilakukan.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan MOA dan IA Mitra dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah tahun 2022 sebagai output utama dari kegiatan tersebut. Masing-masing mitra yang diundang merasa sangat antusias dengan terselenggaranya Kerjasama dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.