Sambut Dies Natalis, FIP UNNES Gelar Seminar Internasional

(Selasa, 23 Maret 2021) Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES menyelenggarakan seminar internasional 2nd ISEHT 2021 dengan topik “Beyond Global Pandemic: New Challenges and Innovation in Digital Learning” dalam rangka Dies Natalis UNNES ke-56. Seminar Internasional ini diikuti kurang lebih 700 peserta dan pemakalah dari dosen, peneliti, guru dan mahasiswa dari berbagai afiliasi perguruan tinggi di Indonesia dan ada juga dari luar negeri yang dilakukan secara online melalui platform zoom meeting dan youtube.

“Luaran seminter ini adalah prosiding terindeks scopus, journal internasional dan book chapter internasional, luaran tersebut merupakan gagasan dari Wakil Dekan 1 FIP Bapak Farid Ahmadi, Ph.D untuk meningkatkan mutu dan kualitas di bidang akademik khususnya karya ilmiah” Ujar Imam Shofwan M.Pd selaku ketua panitia pada wartawan.

“Beyond Global Pandemic: New Challenges and Innovation in Digital Learning merupakan salah satu implementasi di bidang pendidikan dalam mewujudkan UNNES Gemilang untuk Indonesia Maju oleh Fakultas Ilmu Pendidikan” Ucap Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Edy Purwanto kepada redaksi.

Seminar internasional ini diawali dengan Pidato Kunci oleh Prof. Dr. Fathurrokhman, M.Hum Rektor Universitas Negeri Semarang. Pembicara yang hadir melalui zoom berasal dari 4 negara yang meliputi Prof. Sue Grieshaber (La Trobe University, Australia), Dr. Paul Hopkins (University of Hull, United Kingdom), Prof. Jianzhong Hong (Central China Normal University, China) dan Siti Nuzulia, Ph.D (Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES, Indonesia). Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan utama di Fakultas Ilmu Pendidikan yg menaungi bidang pendidikan dan diharapkan sebagai pusat inovasi, terutama inovasi pembelajaran selama menghadapi pandemic covid-19.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka. FIP UNNES jalin kerjasama dengan DUDI

Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Inisiasi kerjasama dilakukan antara FIP UNNES dengan Suara Merdeka pada hari Selasa, 24 November 2020 bertempat di Ruang Rapat 2, Gedung Dekanat Kampus Sekaran Semarang. Kegiatan dilakukan melalui focus group discussion dengan melakukan identifikasi kebutuhan dari masing-masing jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan meliputi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Psikologi, dan Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNNES, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIP UNNES, Gugus Kerjasama Fakultas, Ketua Jurusan di FIP, Kabag dan Kasubag, serta tim dari Suara Merdeka.

”Kami ingin menjalin kerjasama dengan Suara Merdeka yang merupakan salah satu industri di bidang jurnalisme dan komunikasi massa. Kami berkomitmen untuk saling mendukung pengembangan masing-masing institusi khususnya untuk ikut berpartisipasi dan berkolaborasi dalam mendukung kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM),” kata Farid Ahmadi, Ph.D dalam FGD tersebut. Inisiasi kerjasama ini memunculkan rencana kerjasama diberbagai bidang yang dapat diinternalisasikan sesuai dengan 8 kegiatan merdeka belajar. Meliputi magang mahasiswa, matakuliah, dosen luar biasa, pelatihan jurnalisme, transfer knowledge dari FIP ke Suara Merdeka.

Dilansir dari suaramerdeka.com, Kepala Biro Kota Suara Merdeka, Fahmi Zulkarnain M menyambut baik keinginan dari FIP Unnes. ”Sinergi dengan kampus memang sudah lama kami lakukan. Kami senang kini bisa merencanakan kolaborasi dengan FIP Unnes dan harapannya bisa turut mengembangkan pendidikan maupun berkontribusi dalam kegiatan Suara Merdeka,” ungkapnya.