Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan Webinar Nasional Kursus dan Pelatihan di Era New Normal

FIP.UNNES.AC.ID – Rabu, tanggal 14 Juli 2021 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah telah mengadakan Webinar Nasipnal dengan tema Kursus dan Pelatihan di Era New Normal. Webinar Nasional yang mengundang pembicara-pembicara terkenal ini digelar secara daring dan dihadiri kurang lebih 500 peserta melalui platform zoom dan youtube.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES mengatakan salah satu persoalan yang barang kali berbeda harus dihadapi adalah bagaimana membuat pelatihan atau kursus yang diselenggarakan di era new normal pada masa pandemi covid ini yang tidak bisa diselenggarakan seperti waktu sebelumnya. Dekan juga perharap dari webinar ini bisa mengembangkan ide2 baru untuk ditindak lanjuti sehingga menghasilkan ouput-output penting bagi dunia pendidikan kita.

Webinar ini dihadiri Narasumber Sebagai barikut:

Dr. Wartanto (Direktur Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek)

Bagus Kisworo, S.Pd., M.Pd (Kepala Lab. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES)

Agus Subagyo, AT., MM (Direktur LSP Garmindo Plus)

Agus Manto, S.Pd (CEO Vision College.id dan CEO of Sipaud.id)

Dan dimoderatori oleh Dr. Mintarsih Arbarini M.Pd

LESTARIKAN BUDAYA KONSERVASI, PGPAUD SELENGGARAKAN PAGELARAN SENI KEARIFAN LOKAL

Kegiatan pembelajaran selama masa pandemi tidak menutup kreativitas para mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Berbagai model dan produk pembelajaran dihasilkan sebagai bentuk seni pembelajaran pada tiap mata kuliah. Dengan bertajuk Pagelaran Seni Berkearifan Lokal, Jurusan PGPAUD menyelenggarakan pagelaran yang dilakukan secara virtual. Kegiatan ini berhasil memproduksi video pagelaran kesenian dengan mengangkat topik kearifan lokal daerah masing-masing mahasiswa.

Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si., selaku WD3 bidang kemahasiswaan sangat mengapresiasi kegiatan pagelaran seni ini agar terus berlanjut demi meningkatkan bakat, minat, serta kreativitas mahasiswa yang terintegrasi dengan beberapa mata kuliah seni. Selain itu, dapat untuk menumbuhkan semangat dan daya juang mahasiswa PGPAUD di era distrupsi 4.0, dimana terjadi perubahan yang begitu cepat di segala aspek kehidupan.

Terdapat 120 karya yang ditampilkan oleh mahasiswa dengan mengangkat berbagai tema kedaerahan yang menarik. Selama kegiatan produksi, mahasiswa memperoleh pembimbingan yang optimal dari Agustinus Arum Eka, M.Sn dan Akaat Hasjiandito, M.Pd. Kegiatan pagelaran ini merupakan muara dari berbagai mata kuliah seni yang telah ditempuh oleh mahasiswa PGPAUD yang di dalamnya mengandung unsur seni tari, seni musik, tata rias dan busana, koreografi, face painting dan lain sebagainya.

Proses produksi pagelaran seni dilakukan mulai dari kegiatan analisis terhadap potensi daerah masing-masing, pembuatan skenario pagelaran, proses pengambilan video, dan editing dengan berbagai kreativitas yang dikembangkan oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung visi Universitas Negeri Semarang dengan tetap menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif pada bidang konservasi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Pengumuman Pemenang Lomba Unggahan Inspiratif dalam Rangka Bulan Pendidikan FIP UNNES

Lomba unggahan inspiratif dilaksanakan dalam rangkaian pembukaan bulan pendidikan, lomba ini ditujukan bagi civitas academika FIP yang terdiri dari unsur dosen, tendik dan mahasiswa.

Berdasarkan hasil penilaian dari dewan juri maka ditetapkan juara untuk 3 kategori, yaitu sebgai berikut:

Unggahan Terbaik Kategori Dosen

  1. Wantoro (PGPAUD)
  2. Yuli Witanto (PGSD)
  3. Muslikhah (BK)

Unggahan Terbaik Kategori Tendik

  1. Rudiyanto                    (Sub Bagian Rumah Tangga)
  2. Dessy Damayanti       (Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan)
  3. Gina Anggita               (Sub Bagian Akuntansi)

Unggahan Terbaik Kategori Mahasiswa

  1. Berlian Hariratul Mahya (PGSD)
  2. Dewi Puspita Sari (PGSD)
  3. Siti Azizah (BK)

Selamat untuk para pemenang. Pengambilan hadiah dapat menghubungi Sdr. Akaat Hasjiandito dengan nomor HP: +62 821-3519-3489 pada hari dan jam kerja

Semarang, 17 Juni 2021

Koordinator Lomba Bulan Pendidikan

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan The 1st International Conference on Theory and Practice of Education for Society

FIP.UNNES.AC.ID – Selasa (15/06) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan The 1st International Conference on Theory and Practice of Education for Society (ICTPES). Acara ini deigelar dengan tema *Global Issues in Education for All: Learning Innovations for the Society *

Acara ini dihadiri pembicara sebagai berikut :

Assoc. Prof. Wirathep Pathumcharoenwattana

(Lifelong Education Department Chulalongkorn University, Thailand)

Tufel Musyadad, M.Sw

(Charles Darwin University, Australia)

Dr. Ahad Ali

(Associate Professor and Director of Industrial Engineering, Lawrence Technological University, Michigan, USA)

Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, ST., M.Si, IPM

(Universitas Sebelas Maret (UNS), Indonesia)

Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd

(Department of Nonformal Education, Faculty of Education, UNNES,)

Mahasiswa Psikologi Juara Lomba Poster dan Lomba Pidato

Dua mahasiswa Psikologi menjuarai lomba poster dan lomba pidato yang diadakan oleh DPMJ PGPAUD UNNES dengan tema Pancasila dalam Tindakan Produktif di Era New Normal. Adapun juara lomba lomba poster dan lomba pidato sebagi berikut

Lomba Poster

Juara 1 : Muhamad Bahrul Hikam (Universitas Gadjah Mada)

Juara 2 : Juhendi (Psikologi Universitas Negeri Semarang)

Juara 3 : Muhammad Hanun Hanifah (Universitas Sebelas Maret)

Lomba Pidato :

Juara 1 : Mohammad Wahyu Saputra (Universitas Pertahanan RI)

Juara 2 : Shafira Munawaroh Dahlan (IAIN Jember)

Juara 3 : Intan Zahirah Fitria (fip psikologi Universitas Negeri Semarang)

semoga dapat memberikan motivasi untuk senantiasa berprestasi kepada mahasiswa Ilmu Pendidikan lainnya.

Mahasiswa PGSD Juara 3 Lomba Poster Nasional

Mahasiswa pgsd atas nama Heppy Nur Khabilah sebagai juara 3 lomba poster nasional. Adapun juara 1 diraih universitas Palangkaraya dan juara 2 dimenangkan universitas Brawijaya. Lomba ini diselenggarakan oleh BEM FIP UNNES dengan tema “Kecakapan Literasi Digital Sebagai Penggerak Pendidikan Di Era New Normal”

semoga dapat memberikan motivasi untuk senantiasa berprestasi kepada mahasiswa Ilmu Pendidikan lainnya.

Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Juara Lomba Business Proposal Competition SOCIOPRENEUR 2021

Prestasi gemilang kembali diraih oleh Krisbaya Bayu Firdaus dan Andika Putra Pututama dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang berkolaborasi bersama Hendri Irawan dari Jurusan PPKN, yang berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Business Proposal Competition SOCIOPRENEUR 2021, yang diselenggarakan oleh Senior High Global Islamic School Student Council SATTVA DESARTA I V Jakarta

kegiatan lomba ini dilaksanakan pada tanggal 9 Mei – 28 Mei untuk pengumpulan proposal lalu selanjutnya dilakukan presentasi online melalui platform Zoom pada tanggal 31 Mei dan 2 Juni 2021.

Adapun hasil Lomba Business Proposal Competition SOCIOPRENEUR 2021, yang diselenggarakan oleh Senior High Global Islamic School Student Council SATTVA DESARTA I V Jakarta adalah sebagai berikut :

Juara 1 :
Krisbaya Bayu Firdaus (ketua)
Universitas Negeri Semarang.

Juara 2 :
Fery Mulyadi, S.H.I (individu)
Guru SMA Islam As-Shofa Pekanbaru

Juara 3 :
Ikhsan Tasef Nur Fikri (ketua)
Telkom University

Semoga prestasi ini dapat bermanfaat dan menginspirasi mahasiswa lainnya.

Webinar “Memikirkan Kembali Masa Depan Pendidikan Indonesia”

FIP.UNNES.AC.ID. Masih dalam rangkaian bulan pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan webinar dengan tema “Memimikirkan Kembali Masa Depan Pendidikan Indonesia”.yang dilaksanakan pada senin 31 Mei 2021.

Acara ini dihadiri keynote speaker Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. dengan dua narasumber yaitu H. Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI), Ahmad Rizali (NU Circle dan Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika.

Dalam Sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengharapkan melalui webinar pagi ini bisa menemukan bahan penting yang bisa menjadi bahan penting untuk bidang pendidikan yang akan bermuara pada terselenggaranya kegiatan pendidikan yang membangun peradaban yang membawa Indonesia Maju.

Halalbihalal FIP UNNES, Menggapai keberkahan Ramadhan untuk Harmoni Fakultas Ilmu Pendidikan

FIP.UNNES.AC.ID – Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Halalbihalal yang dihadiri Pimpinan Fakultas, senat, dosen, tendik secara virtualdengan aplikasi zoom dan live youtube dengan penceramah Dr. Zaim Elmubarok, M. Ag., kamis (20/05). Tema Halal bihalal ini adalah Menggapai keberkahan Ramadhan untuk Harmoni Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M. Si. Halalbihalal merupakan tradisi yang bagus sehingga kita terus lestarikan. Ini merupakan kesempatan berharga untuk memohonkan maaf dan memaafkan. Tapi sekaligus menjadi catatan kita bahwa maaf memaafkan jangan menunggu satu tahun untuk meminta maaf, seyogyanya kita meminta maaf pada waktu kita melakukan kesalahan.

FIP UNNES Adakan Talkshow Ngabuburiset Bertemakan Riset Humaniora dan Ilmu Pendidikan

Fip.unnes.ac.id masih dengan serangkaian bulan pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan kegiatan talkshow Ngabuburiset bertemakan Riset humaniora dan Ilmu Pendidikan pada 10 Mei 2021.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M.Si. dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dirancang oleh panitia bulan pendidikan ini. Melalui riset yang bagus akan menghasilkan publikasi yang bagus juga. Mengharap dengan waktu yang singkat ini untuk mencurahkan cara membuat riset bidang humaniora dan pendidikan sehingga dapat menghasilkan publikasi yang bagus.