Untuk memacu Fakultas Ilmu Pendidikan yang berzona Integritas, FIP menerima Kunjungan Dekan FT

Rabu (9/Agustus/2022) Fakultas Ilmu Pendidikan Menerima kunjungan balasan Dekan FT Prof. Dr. Nur Qudus, M.T., IPM untuk berbagi Ilmu tentang implementasi Zona Integritas. Kegiatan ini menyambung kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan yaitu kunjungan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Tim Persiapan Zona Integritas ke Fakultas Teknik.

Dalam sambutannya Dekan FIP Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengatakan telah menghadirkan Ketua Jurusan, Skretaris Jurusan dan Ketua Laboratorium dari semua Lingkungan FIP yang akan mengimplementasikan Zona Integritas dan Harapannya apa yang menjadi Ruh atau semangat Zona Integritas ini bisa ditangkap. Mengapa unit dan Fakultas perlu menerapkan Zona integritas, Sekaligus Bagaimana Langkah2 yang perlu diterapkan agar implementasi Zona Integritas Bisa Menjadi Kenyataan.

Dalam paparannya Prof. Dr. Nur Qudus, M.T., IPM menjelaskan bahwa Zona Integritas adalah Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

IKA BK UNNES: WEBINAR MENASDIKKAN LAYANAN BK DALAM KURIKULUM MERDEKA

Pada hari selasa, tanggal 02 Agustus 2022 Ikatan Keluarga Alumni Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang (IKA BK UNNES) yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang (HIMA BK UNNES)  telah melaksanakan webinar kurikulum merdeka. Webinar ini terlaksana dengan kondusif dan lancar. Webinar ini diikuti oleh seluruh guru BK, konselor, dan praktisi Bimbingan dan Konseling seluruh Indonesia dengan total mencapai 750 peserta . Webinar ini dilaksanakan dengan mengangkat tema “Menasdikkan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka”

Webinar ini diawali dengan sambutan ketua Ikatan Keluarga Alumni Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang Dra. Ardina Safitri dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh ketua jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang Kusnarto Kurniawan M.Pd., Kons. Beliau memaparkan bahwa “webinar ini sangat substansial dan memiliki peranan penting dalam optimalisasi kurikulum merdeka dalam bidang bimbingan dan konseling” Dilanjutkan dengan mengumumkan pemenang lomba UKIP Bimbingan dan Konseling yang sudah dilaksanakan sebagai rangkaian acara sebelumnya.

Pada webinar saat ini dilaksanakan dengan tujuan menasdikkan implementasi kurikulum merdeka dalam layanan bimbingan dan konseling. Webinar diadakan dengan menghadirkan keynote speaker dan 3 narasumber lainnya Dr. Adi Atmoko M.Pd sebagai keynote speaker menyampaikan tentang Tantangan Layanan BK di Indonesia.  Selanjutnya diisi dengan pemaparan dari 3 pemateri  Zakki Nurul Amin M.Pd yang membahas  tentang urgensi layanan BK dalam kurikulum merdeka,  Arif Taufiq Dani Abdillah, M.Pd, yang menyampaikan tentang kontribusi BK dalam assessment diagnostik kurikulum merdeka. Dan yang terakhir Dra Galuh, M.Pd membahas tentang profil pelajar Pancasila dalam layanan BK.  Dan dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab dengan peserta webinar.

Pada kesempatan ini Pak Zakki menjelaskan sekilas terkait implementasi kurikulum merdeka dari sudut pandang BK. Dalam kurikulum merdeka, peserta didik diarahkan untuk dapat menemukenali potensi, kemampuan, bakat dan minatnya, tentunya hal ini sudah tidak asing lagi bagi konselor disekolah. Pak Zakki juga menjelaskan terkait urgensi kajian filosofis akademis dan kajian kebijakan dan praksis. Kemudian Pak Dani melanjutkan dengan menjelaskan bahwa asesmen diagnostic merupakan hal yang penting untuk dilakukan seorang konselor disekolah. Karena dengan melakukan asesmen diagnostic, konselor disekolah dapat memahami peserta didiknya secara komprehensif. Untuk itu konselor sekolah perlu untuk meningkatkan keterampilannya dalam hal terkait asesmen, tidak hanya bagaimana cara mengadministrasikan instrument asesmen, namun juga meningkatkan keterampilan polaritas, keterampilan agar konselor sekolah menjadi lebih peka dalam mengamati hal-hal yang membentuk emosi, pola pikir dan karakteristik peserta didiknya. Selanjutnya Ibu Galuh melengkapi dalam paparannya terkait profil pelajar pancasila dalam layanan BK. Dalam penyampaiannya Bu Galuh menyebutkan bahwa ke enam elemen dari profil pelajar pancasila, yaitu berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Ke enam elemen tersebut haruslah dipahami betul oleh konselor sekolah, karena konselor sekolah harus menjadi teladan dan mengimplementasikan elemen tersebut dalam layanan BK. Acara webinar ini merupakan rangkaian acara yang diadakan oleh IKA BK UNNES, yang pada kegiatan sebelumnya IKA BK UNNES mengadakan Lomba Unjuk Kinerja Profesi BK. Pada lomba tersebut terdapat dua kategori, yaitu best practice layanan BK di lingkungan Pendidikan dan best practice implementasi keilmuan BK di bidang non Pendidikan. Webinar ini sekaligus menjadi sarana pengumuman untuk pemenang lomba tersebut. Pada webinar ini para pemenang lomba best practice diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil temuannya.

Benchmarking Laboratorium Fakultas Ilmu Pendidikan Uiversitas Negeri Jakarta dan Laboratorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Selasa 21 juni 2022, Bertempat di Aula pertemuan Dekanat lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan, segenap unsur pimpinan Fakultas dan pengelola jurusan menerima rombongan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Benchmarking Laboratorium FIP UNJ dan FIP UNNES.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES mengatakan Laboratorium memiliki posisi yang sangat penting untuk mesuport bagaimana mahasiswa teasah kecakapannya, dan sebagai pusat risert dosen sehingga perkembangan ilmu segera dapat diwujudkan.

Acara dilanjutkan kunjungan ke laboratorium yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Guest Lecture Asscoc. Prof. Zawawi Ismali

✨Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES mempersembahkan✨

GUEST LECTURING FROM UNIVERSITY QS 100 RANK

Speaker:
🎓 Assoc. Prof. Dr. Zawawi Ismail (Dean Faculty of Education, Universiti Malaya)

Moderator:
📚 Eem Munawaroh, S.Pd.M.Pd. (Lecturer of Guidance and Counseling , Faculty of Education UNNES)

🗓️ Rabu, 8 Juni 2022
🕘 13.30 WIB – 14.45 WIB
📍 Zoom Meeting
Meeting ID: 92573333144
Passcode: fipunnes

💾 Fasilitas yang diperoleh:

  • E-Materi
  • E-Sertifikat

✨Peserta: Dosen dan mahasiswa FIP UNNES.✨

FIP Sukses selenggarakan The 3rd International Seminar on Education and Human Technology (ISEHT) 2022

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan The 3rd International Seminar on Education and Human Technology (ISEHT) 2022 “Transforming Education in a Post-Pandemic World: Consequences for Future Teaching and Research” pada Senin (23/5).
Acara seminar ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNNES, dilanjutkan doa serta sambutan dari Ketua Panita, Novi Setyasto, M.Pd. dan dekan FIP UNNES Dr. Edy Purwanto, M.Si. Dalam acara tersebut, Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. sebagai Keynote Speaker. Acara dilanjutkan dengan penampilan tari sokrek yang dibawakan oleh mahasiswa PGSD FIP UNNES dengan koreografer Dr. Deasylina Da Ary, S.Pd., M.Sn.

.
The 3rd ISEHT ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu daring melalui zoom dan streaming YouTube FIP UNNES serta luring di ruang seminar FIP lantai 3 dengan peserta perwakilan dari berbagai lembaga, seperti: Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Manado, Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (HDPGSDI), ADPENDSI.
.
Sesi panel pertama dimoderatori oleh Yuli Kurniawati, Ph.D., dengan narasumber Dr. Churchill Daniel dari University of Hongkong. Narasumber kedua adalah Prof. Dr. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si. sebagai perwakilan IEOM Scopus Representative, UNS. Narasumber ketiga adalah Cecily Bisshop dari Darling Heights State School, Australia yang memaparkan communicative language teaching and learning.
.
Sesi panel kedua dimoderatori oleh Siti Nuzulia, Ph.D. dengan narasumber Petra Kristi Mulyani, S. Pd., M. Ed., Ph. D., dari FIP UNNES. Narasumber kedua adalah Prof. Dr. Zawawi Bin Ismail dan University of Malaya. Acara berlangsung lancar dan sukses, pemaparan materi maupun sesi diskusi diikuti peserta secara antusias.

The 3rd International Seminar on Education and Human Technology (ISEHT) 2022 “Transforming Education in a Post-Pandemic World: Consequences for Future Teaching and Research”

Date and time
🗓️ Monday, May 23, 2022
🕙 07.00 s.d. 15.00 WIB

📌 Submission and registration form: https://seminar.unnes.ac.id/event-iseht2022
📧 Further inquiries: [email protected]

Keynote Speaker
🗣️Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum
Rector of Universitas Negeri Semarang

Invited Speakers:
🗣️Dr. Churchill Daniel (University of Hong Kong, Hong Kong)
🗣️Assoc. Prof. Dr. Zawawi Ismail (University of Malaya, Malaysia)
🗣️Cecily Bishop (Darling Heights State School, Australia)
🗣Prof. Dr. Wahyudi Sutopo (UNS, Indonesia)
🗣Petra Kristi Mulyani, Ph.D. (UNNES, Indonesia)

CALL FOR PAPERS on the issues:
-Post Pandemic Education
-Global Education
-Psychology and Counseling
-Curriculum and Instruction
-Non-Formal Education
-Early Childhood Education
-Vocational Education
-Primary Education
-Difable Education
-Artificial Intelligence
-Entrepreneurship and Innovation
-Information Technology
-Conservation Education
-Research in Economics Education
-Life Skills Educational
-Community Education
-Community Development
-Education Literacy and Equality
-Courses and Training Programs

🔰Important Dates:
Abstract Paper Submission Deadline: 1 May 2022
Notification of Acceptance: 5 May 2022
Last Date Registration: 8 May 2022
Last Date of Payment: 20 May 2022
Final Paper Submission: 15 May 2022
Virtual Conference Date: 23 May 2022

Hybrid : Zoom Meeting & Onsite Meeting at Dekanat Building of Education Faculty, Sekaran, Semarang, Indonesia.

Seminar Fee
Participant: Rp. 100.000,00 (e-certificate)
Presenter: Rp. 550.000,00 (e-certificate, Souvenir, proceeding ISBN *failed Scopus submission)
Onsite presenter (Offline) may be charged for additional fee

Publication
Selected paper:
~ Proceeding indexed Scopus: 300 USD
~ Journal indexed Sinta 2: Rp.(-/+) 1.500.000, –
~ Journal indexed Sinta 3: Rp. 500.000, –
~ Journal indexed Scopus: Publication Fee
~International Book Chapter: Publication Fee
~ Proceeding ISBN: Free

Contact person:
Zakki Nurul Amin (0882-3301-4667)
Novi Setyasto (0857-2700-0690)
Elok Fariha Sari (0856-4383-1209)

Lomba Guru Kreatif 2022 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES mengadakan lomba untuk guru-guru baik di jenjang PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Semarang ke-57 dengan tema “UNNES Cerdas Untuk Indonesia Emas”. Lomba guru kreatif ini menjadi ajang lomba bergengsi tingkat Nasional dengan total hadiah jutaan rupiah serta sertifikat penghargaan yang bisa diikuti para guru inspiratif di seluruh Indonesia.

Berikut Panduan Lomba Guru Kreatif 2022

MBKM Mandiri BK UNNES di SMA Negeri 15 Semarang Adakan Counselor goes to School: Perintisan dan Sharing Session Program Peer Group

Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) khususnya mahasiswa program MBKM Mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) di SMA Negeri 15 Semarang mengadakan kegiatan Kegiatan Counselor goes to School dalam rangka Perintisan dan Sharing Session Program Peer Group di SMA Negeri 15 Semarang. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada 31 Maret 2022 dengan menghadirkan Muslikah, M. Pd., dosen Jurusan BK UNNES sebagai narasumber. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa MBKM dan guru BK di SMA N 15 Semarang yaitu Dra.Hayuningsih, M.Pd., Sunari, S.Pd., M.Pd., Dinka Rizky A.M, S.Pd., Wahyu Adhi Ariawan, S.Pd., dan Ratri Kurnia Wahani, S.Psi.

Tim MBKM di SMA N 15 Semarang menginisiasi program unggulan yaitu program Peer Group yang sebelumnya pernah dirintis oleh SMA N 15 Semarang namun sempat berhenti dan hal tersebut membuat Tim MBKM untuk menghidupkannya kembali. Kegiatan yang diinisiasi oleh Agri Aprilia F.H, Alfi Fajar Baihaqi, Rama Taufiqur Rahman, dan Bahreisy Ajiyosa, yang merupakan mahasiswa MBKM Mandiri di SMA Negeri 15 Semarang dibawah bimbingan Kusnarto Kurniawan, M. Pd., Kons., bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar peer group serta keterampilan dasar dalam memberikan layanan peer group di setting sekolah kepada tim BK SMA N 15 Semarang.

Kegiatan yang dibuka dan dipandu oleh moderator Agri Aprilia F.H., diawali dengan pemaparan singkat mengenai program yang unggulan BK SMA N 15 Semarang oleh Dinka Rizky A.M, S.Pd. “Program Unggulan BK SMA N 15 Semarang yaitu ada peer group dan kegiatan tambahan yang bertujuan untuk pengembangan diri siswa yaitu ada Podcast kisah sukses alumni Libels (alumi SMA N 15 Semarang), Pengembangan media BK melalui Instagram yang akan dikelola anggota peer group, pembuatan video motivasi bekerjasama dengan ekstrakulikuler videografi di SMA 15, perayaan hari-hari besar yang berhubungan dengan ke-BKan seperti memperingati hari Anti Narkoba yang panitianya adalah para anggota peer group”, paparnya.

Muslikah, M., Pd., selaku narasumber menjelaskan beberapa hal terkaiat peer group dan membagikan pengalaman beliau membentuk program Bimbingan Sebaya di SMA Negeri 12 Semarang. “Dukungan dari teman (peer support) merupakan salah satu asset yang dapat dioptimalkan konselor untuk membentuk sikap konseli”, ungkapnya. Dalam kesempatan sharing session ini tim mahasiswa, guru BK, dan narasumber saling berdiskusi mengenai hal-hal yang perlu disiapkan dalam menjalankan program peer group terutama mengenai hal pengadministrasian. Melalui kegiatan ini harapannya akan ada kegiatan lanjutan secara tatap muka yang akan mendukung terlaksananya Program Peer Group di SMA N 15 Semarang lebih optimal.

Benchmarking Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

11 Maret 2022, Bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan Lantai 3dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat , segenap Senat Fakultas dan Fungsionaris Fakultas menyambut datangnya rombongan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Benchmarking Tata Kelola administrasi PTN-BH

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengatakan kerjasama UNNES dan UNNESA ini sudah terjalin sejak lama khusus dalam kerja MBKM. Beliau juga memperkenalkan anggota senat yang hadir pada pertemuan ini. Dilanjutkan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya memberi sambutan dan memperkenalkan Jajarannya yang hadir pada acara ini.