The 3rd International Seminar on Education and Human Technology (ISEHT) 2022 “Transforming Education in a Post-Pandemic World: Consequences for Future Teaching and Research”

Date and time
🗓️ Monday, May 23, 2022
🕙 07.00 s.d. 15.00 WIB

📌 Submission and registration form: https://seminar.unnes.ac.id/event-iseht2022
📧 Further inquiries: [email protected]

Keynote Speaker
🗣️Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum
Rector of Universitas Negeri Semarang

Invited Speakers:
🗣️Dr. Churchill Daniel (University of Hong Kong, Hong Kong)
🗣️Assoc. Prof. Dr. Zawawi Ismail (University of Malaya, Malaysia)
🗣️Cecily Bishop (Darling Heights State School, Australia)
🗣Prof. Dr. Wahyudi Sutopo (UNS, Indonesia)
🗣Petra Kristi Mulyani, Ph.D. (UNNES, Indonesia)

CALL FOR PAPERS on the issues:
-Post Pandemic Education
-Global Education
-Psychology and Counseling
-Curriculum and Instruction
-Non-Formal Education
-Early Childhood Education
-Vocational Education
-Primary Education
-Difable Education
-Artificial Intelligence
-Entrepreneurship and Innovation
-Information Technology
-Conservation Education
-Research in Economics Education
-Life Skills Educational
-Community Education
-Community Development
-Education Literacy and Equality
-Courses and Training Programs

🔰Important Dates:
Abstract Paper Submission Deadline: 1 May 2022
Notification of Acceptance: 5 May 2022
Last Date Registration: 8 May 2022
Last Date of Payment: 20 May 2022
Final Paper Submission: 15 May 2022
Virtual Conference Date: 23 May 2022

Hybrid : Zoom Meeting & Onsite Meeting at Dekanat Building of Education Faculty, Sekaran, Semarang, Indonesia.

Seminar Fee
Participant: Rp. 100.000,00 (e-certificate)
Presenter: Rp. 550.000,00 (e-certificate, Souvenir, proceeding ISBN *failed Scopus submission)
Onsite presenter (Offline) may be charged for additional fee

Publication
Selected paper:
~ Proceeding indexed Scopus: 300 USD
~ Journal indexed Sinta 2: Rp.(-/+) 1.500.000, –
~ Journal indexed Sinta 3: Rp. 500.000, –
~ Journal indexed Scopus: Publication Fee
~International Book Chapter: Publication Fee
~ Proceeding ISBN: Free

Contact person:
Zakki Nurul Amin (0882-3301-4667)
Novi Setyasto (0857-2700-0690)
Elok Fariha Sari (0856-4383-1209)

Lomba Guru Kreatif 2022 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES mengadakan lomba untuk guru-guru baik di jenjang PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Semarang ke-57 dengan tema “UNNES Cerdas Untuk Indonesia Emas”. Lomba guru kreatif ini menjadi ajang lomba bergengsi tingkat Nasional dengan total hadiah jutaan rupiah serta sertifikat penghargaan yang bisa diikuti para guru inspiratif di seluruh Indonesia.

Berikut Panduan Lomba Guru Kreatif 2022

MBKM Mandiri BK UNNES di SMA Negeri 15 Semarang Adakan Counselor goes to School: Perintisan dan Sharing Session Program Peer Group

Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) khususnya mahasiswa program MBKM Mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) di SMA Negeri 15 Semarang mengadakan kegiatan Kegiatan Counselor goes to School dalam rangka Perintisan dan Sharing Session Program Peer Group di SMA Negeri 15 Semarang. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada 31 Maret 2022 dengan menghadirkan Muslikah, M. Pd., dosen Jurusan BK UNNES sebagai narasumber. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa MBKM dan guru BK di SMA N 15 Semarang yaitu Dra.Hayuningsih, M.Pd., Sunari, S.Pd., M.Pd., Dinka Rizky A.M, S.Pd., Wahyu Adhi Ariawan, S.Pd., dan Ratri Kurnia Wahani, S.Psi.

Tim MBKM di SMA N 15 Semarang menginisiasi program unggulan yaitu program Peer Group yang sebelumnya pernah dirintis oleh SMA N 15 Semarang namun sempat berhenti dan hal tersebut membuat Tim MBKM untuk menghidupkannya kembali. Kegiatan yang diinisiasi oleh Agri Aprilia F.H, Alfi Fajar Baihaqi, Rama Taufiqur Rahman, dan Bahreisy Ajiyosa, yang merupakan mahasiswa MBKM Mandiri di SMA Negeri 15 Semarang dibawah bimbingan Kusnarto Kurniawan, M. Pd., Kons., bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar peer group serta keterampilan dasar dalam memberikan layanan peer group di setting sekolah kepada tim BK SMA N 15 Semarang.

Kegiatan yang dibuka dan dipandu oleh moderator Agri Aprilia F.H., diawali dengan pemaparan singkat mengenai program yang unggulan BK SMA N 15 Semarang oleh Dinka Rizky A.M, S.Pd. “Program Unggulan BK SMA N 15 Semarang yaitu ada peer group dan kegiatan tambahan yang bertujuan untuk pengembangan diri siswa yaitu ada Podcast kisah sukses alumni Libels (alumi SMA N 15 Semarang), Pengembangan media BK melalui Instagram yang akan dikelola anggota peer group, pembuatan video motivasi bekerjasama dengan ekstrakulikuler videografi di SMA 15, perayaan hari-hari besar yang berhubungan dengan ke-BKan seperti memperingati hari Anti Narkoba yang panitianya adalah para anggota peer group”, paparnya.

Muslikah, M., Pd., selaku narasumber menjelaskan beberapa hal terkaiat peer group dan membagikan pengalaman beliau membentuk program Bimbingan Sebaya di SMA Negeri 12 Semarang. “Dukungan dari teman (peer support) merupakan salah satu asset yang dapat dioptimalkan konselor untuk membentuk sikap konseli”, ungkapnya. Dalam kesempatan sharing session ini tim mahasiswa, guru BK, dan narasumber saling berdiskusi mengenai hal-hal yang perlu disiapkan dalam menjalankan program peer group terutama mengenai hal pengadministrasian. Melalui kegiatan ini harapannya akan ada kegiatan lanjutan secara tatap muka yang akan mendukung terlaksananya Program Peer Group di SMA N 15 Semarang lebih optimal.

Penanda Tanganan Pakta Integritas Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

14 maret 2022 bertempat di aula pertemuan lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang telah melaksanakan penandatanganan pakta integritas tahun 2022 yang ditandatangani oleh Fungsionaris Fakultas, Fungsionaris jurusan, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalam sambutannya dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengatakan pakta integritas dan perjanjian kinerja ini merupakan intrumen untuk bagaimana target Universitas dan Fakultas ini bisa didokumentasikan dengan baik tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan.

Benchmarking Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

11 Maret 2022, Bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan Lantai 3dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat , segenap Senat Fakultas dan Fungsionaris Fakultas menyambut datangnya rombongan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Benchmarking Tata Kelola administrasi PTN-BH

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengatakan kerjasama UNNES dan UNNESA ini sudah terjalin sejak lama khusus dalam kerja MBKM. Beliau juga memperkenalkan anggota senat yang hadir pada pertemuan ini. Dilanjutkan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya memberi sambutan dan memperkenalkan Jajarannya yang hadir pada acara ini.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Konselor Lulusan PPK Jurusan BK FIP UNNES angkatan XIV tahun 2021

Semarang, 29 November 2021. Bertempat di aula pertemuan Dekanat FIP, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Konselor Lulusan PPK. secara Luring dan Daring.

Sebelum dilantik, calon konselor ini telah menempuh Pendidikan selama 600 jam dan diharapkan setelah pelantikan ini  kontribusi positip melalui karya-karya yang bermanfaat.

Dalam acara ini Ketua PB ABKIN Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd memandu pelantikan dan pengambilan sumpah 12 konselor yang berasal dari berbagai daerah.

Dalam sambutanya Dekan FIP Dr. Edy Purwanto, M. Si. Merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada konselor lulusan FIP UNNES yang selama studi menempuh di PPK UNNES ini.

Fakultas Ilmu Pendidikan Sukses Adakan Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan

Dalam era modern ini, informasi merupakan kegiatan yang sangat kompleks dalam suatu pendidikan, karena informasi dapat berperan sebagai proses pengambilan keputusan. Untuk mengambil keputusan diperlukan informasi yang lengkap dan jelas. Oleh karena itu instansi pemerintah perlu menciptakan pengelolaan arsip yang baik. Informasi yang tersimpan dalam arsip merupakan informasi yang dibutuhkan oleh semua pihak.

Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pengendalian dan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan, pemindahan dan pemusnahan. Jadi, pekerjaan tersebut meliputi siklus “kehidupan” dokumen sejak lahir sampai mati.

Pelaksanaan pengarsipan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dilakukan oleh tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan pasti akan menghadapi berbagai masalah terkait pengelolaan arsip. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan arsip, maka Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan “Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan FIP”,

Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan FIP dilaksanakan secara daring (virtual) dan dibuka eoleh Wakil Dekan Bidang II melalui zoom meeting karena kondisi pandemi Covid 19. “Peserta berjumlah 40 orang dan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, yang dilaksanakan pada 22 September 2021”