You are here
Home >

Visi Fakultas Ilmu Pendidikan adalah menjadi pusat unggulan inovasi pendidikan berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Menjadi pusat unggulan inovasi pendidikan merupakan cita-cita Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES sebagai Fakultas yang mampu mencetak calon pendidik maupun non pendidik yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam memecahkan pendidikan di Indonesia khususnya dan dunia Internasional pada umumnya. Untuk itu, inovasi pendidikan sebagai roh pendidikan memiliki peran yang strategis dalam mencapai cita-cita keberlangsungan pendidikan dengan berusaha memaksimalkan sumber-sumber daya, tenaga, anggaran, sarana prasarana termasuk struktur organisasi dalam mencapai efisiensi, relevansi, kualitas dan efektifitasnya.

Berwawasan konservasi mengandung makna yang berorientasi pada prinsip konservasi (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan) sumber daya alam, lingkungan dan nilai-nilai sosial budaya, yang diinternalisasikan dan diimplementasikan secara terus menerus oleh sivitas akademika sampai menghasilkan lulusan yang cerdas, unggul dan berkarakter yang peduli terhadap perkembangan dan perubahan lingkungan, baik fisik, ekonomi, sosial maupun budaya, serta memiliki tanggung jawab merumuskan dan mengimplementasikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan akibat perkembangan dan perubahan jaman.

Bereputasi Internasional memiliki makna, bahwa Fakultas Ilmu Pendidikan diharapkan mampu menjaga citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan pendidikan pada tingkat internasional, yang dapat dijadikan sebagai identitas dan menjiwai Fakultas Ilmu Pendidikan pada tataran nasional, regional maupun internasional.

Adapun Misi Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu:

Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan inovatif untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berdaya saing global.

Mengembangkan ilmu dan teknologi pendidikan serta psikologi untuk menyelenggarakan layanan pendidikan yang kreatif dan inovatif dengan berbasis pada nilai-nilai akademik dan budaya bangsa.

Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka ikut serta memecahkan masalah sosial dan pendidikan secara profesional.

Mengembangkan jejaring dan kemitraan tingkat nasional, regional, dan internasional dengan berprinsip pada Good Gavernment.

Sedangkan tujuan Fakultas Ilmu Pendidikan secara umum yaitu:

menyelenggarakan pendidikan yang bermuara pada upaya pengembangan sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, mandiri, profesional, religius, demokratis, melestarikan keseimbangan lingkungan untuk menuju pembangunan berkelanjutan, menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Secara khusus tujuan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang adalah:

Membina dan mengembangkan mahasiswa menjadi lulusan yang memiliki kemampuan sebagai pendidik dan tenaga kependidikan serta psikolog yang profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan konservasi dan bertaraf internasional.

Mengembangkan dan menyebar-luaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dan psikologi untuk meningkatkan mutu pendidikan berwawasan konservasi dan bertaraf internasional.

Mengembangkan masyarakat belajar dalam rangka meningka-tkan mutu penyelenggaraan pendidikan berwawasan konservasi.

Top