Sarasehan Pendidikan dalam Memperingati Hari Guru

Senin (25/11) dalam memperingati hari guru nasional, FIP adakan sarasehan pendidikan. Kegiatan ini diadakan di Gedung Dekanat FIP Lantai 3 pukul 10.0 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru sekolah dasar dari dalam Kota Semarang dan luar Kota Semarang, seperti: Demak, Batang, dan lain-lain.

Bertolak dari krisis moral dan penurunan mutu pendidikan berkarakter maka pada sarasehan kali ini bertemakan “Meninjau Penyelenggaraan Pendidikan Karakter di Sekolah”.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 150 orang dari guru dan dosen baik dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan luar Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Semarang. Kegiatan dibuka oleh Dr. Drs. Edy Purwanto, M.Si selaku wakil dekan bidang akademik dan Dr. Deni Setiawan, S. Sn., M. Hum selaku ketua panitia sarasehan pendidikan FIP kali ini.

Sarasehan mendatangkan 3 narasumber yaitu: Abdul Khalik, S.Pd selaku ketua PPK Kota Semarang, Jumeri, S.TP., M.Si selaku Kadinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (yang mewakili), dan Drs. Winarto selaku Kepala Sekolah SMA N 3 Semarang (yang mewakili) dengan moderator Drs. Edy Purwanto, M.Si selaku wakil dekan bidang akademik FIP Universitas Negeri Semarang.

Ketiga narasumber membahas isu-isu penurunan karakter di kalangan siswa terutama di sekolah dan melakukan penguatan pendidikan karakter dengan teori-teori praktis, tinjauan penyelenggaraan yang sudah ada, dan dorongan untuk program kerja PPK di sekolah pada tahun depan.

Bahkan dalam penutupan acara juga didatangkan seorang pengelola publisher buku yang memberikan dorongan pada guru-guru untuk mengumpulkan karya siswa hasil dari literasi, seperti: pantun, cerita, puisi, dll untuk dipublishkan dalam bentuk buku sehingga mendatangkan manfaat yang lebih optimal.

Berikut materi dari ketiga narasumber tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *