Menggugah Semangat Kartini

Senin, 22 April 2019 FIP Universitas Negeri Semarang adakan upacara peringatan hari kartini. Hal ini dikarenakan hari kartini, 21 April jatuh pada hari Minggu sehingga upacara dilaksanakan pada Senin, 22 Februari 2019. Upacara dilaksanakan di Lapangan Tonnis depan Gedung A2 FIP UNNES pukul 07.00 WIB. Selain itu, seluruh dosen dan tenaga kependidikan lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan diharuskan memakai pakaian adat sebagai bentuk mengingat dan memaknai perjuangan kartini. Kali ini, petugas upacara yang dilibatkan adalah tendik atau dosen perempuan sebagai bentuk memaknai esensi perjuangan kartini yaitu persamaan hak bagi perempuan.  

“Perempuan memiliki gelar banyak sarjana”, ungkap Dra. Sinta Saraswati M.Pd.,Kons selaku pembina upacara. Jika digambarkan secara sederhana beliau menjelaskan bahwa perempuan bisa memasak mengimbangi para sarjana/ahli boga, perempuan bisa menyiapkan pakaian untuk keluarganya mengimbangi para sarjana/ahli busana, dan lain-lain. Oleh karena itu, beliau juga mengajak memberikan apresiasi pada seluruh perempuan atas bentuk perjuangan dan kemampuannya. Selain itu, kesempatan ini pula Sony Zulfikasari S.Pd., M.Pd dosen Teknologi Pendidikan membacakan 10 kutipan isi surat kartini yang menggugah hati para peserta upacara.  

Upacara selesai dilanjutkan dengan foto bersama dan sarapan pagi di Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan. Upacara Hari Kartini ini diharapkan mampu menggugah semangat kartini sebagai perempuan yang memiliki semangat daya juang tinggi pada seluruh civitas akademika FIP. Bahkan mampu mendorong seluruh perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di berbagai bidang.

Tinggalkan Balasan