Kuliah Umum Bersama Prof. Dr. Mudjahirin Thohir

Kamis (24/10), Mahasiswa semester 1 Fakultas Ilmu Pendidikan ikuti kuliah umum dengan tema “Mencegah Radikalisme Masuk Kampus” di Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Acara dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB s.d 11.30 WIB. Kegiatan ini merupakan kedua setelah sehari sebelumnya dilaksanakan di kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ngaliyan. Acara dibuka oleh Dekan FIP UNNES, Dr. Achmad Rifa’I, M.Pd dilanjutkan dengan penyampaian materi.

Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Mudjahirin Thohir dan dimoderatori oleh Afriyadi Sofyan S.Pd.I., M.Pd.Kons (Dosen Jurusan Bimbingan Konseling).

Beliau memaparkan materi terkait dengan faham dan tindakan keagamaan yang cocok untuk masyarakat Indonesia. Bahkan menariknya di awal pernyataan pembuka sebelum menyajikan materi, beliau menyampaikan “Ketika agama sudah turun ke bumi (umat), terjadi tumpangtindih, antara kepentingan Tuhan dengan kepentingan mereka yang mengaku bertuhan”. Beliau memaparkan skema pemahaman agama secara detail dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait dengan pernyataan tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pembekalan bagi mahasiswa agar dapat memilih dan bertindak secara baik menghadapi paham radikalisme khususnya di kampus.

Prof. Dr. Mudjahirin Thohir memberi motivasi bahwa kita mempunyai tugas dalam negara dengan masyarakat yang plural,adalah menjadikan Indonesia sebagai bangunan besar di mana masing-masing orang merasa bisa hidup dengan nyaman didalamnya.

Berikut ini materi lengkap dari Prof. Dr. Mudjahirin Thohir bisa didownload pada link berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *