DISKUSI DOSEN DALAM IMPLEMENTASI MBKM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FIP UNNES

Kamis (4/3) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) FIP UNNES melaksanakan kegiatan diskusi dosen dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai tindak lanjut kerjasama pelaksanaan program MBKM. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIP UNNES Dr. Edy Purwanto, M.Si, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa “Dampak covid ada cerita duka, namun dalam satu sisi terdapat hal positif untuk silaturahmi melalui daring, student exchange dan visiting lecture. Semoga dari program tersebut memberikan manfaat yang besar untuk UNNES dan mitra dalam program MBKM”.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan laporan ketua jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Dr Mintarsih Arbarini M.Pd sebagai Kajur PLS menyampaikan bahwa mitra program MBKN UNNES terdiri dari beberapa perguruan tinggi diantaranya Pendidikan Masyarakat (Penmas) UPI, PLS UNESA, PLS UM, PLS UNP, dan Penmas UNSIL. Implementasi dari program ini adalah student exchange, visiting lecture, dan visiting profesor. Kemudian beliau menegaskan bahwa “Harapan dari implementasi MBKM bukan hanya mahasiswa PLS yang belajar keilmuan kepada professor mitra serta menambah wawasan dan pengalaman belajar di perguruan tinggi mitra, namun juga para dosen muda PLS ikut belajar dan menambah pengalaman dari para professor di berbagai perguruan tinggi mitra”.

Kegiatan inti yakni diskusi dosen dalam implementasi MBKM berfokus pada perkenalan dan curah pendapat oleh para dosen dan professor yang mengampu mata kuliah di program MBKM PLS UNNES. Terdapat beberapa masukan dari kalangan profesor maupun beberapa dosen, muara dari program MBKM ini yaitu semangat membangun kekeluargaan, semangat membangun kebersamaan, dan semangat membangun layanan kepada mahasiswa dalam kesatuan profesi keilmuan Pendidikan Luar Sekolah melaui implementasi program MBKM. Tujuan dari kegiatan kolaborasi mitra antar perguruan tinggi ini diharapkan tidak hanya terbatas pada program MBKM saja tetapi mampu membentuk sinergitas untuk mewujudkan kerjasama dalam bidang penelitian, publikasi jurnal bereputasi maupun program lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *