Dharma Wanita FIP UNNES Selenggarakan Pelatihan Membatik Jumputan

Dharma wanita persatuan sub unit FIP UNNES hari ini, Jumat (19/07) menyelenggarakan pelatihan membatik jumputan di gedung dekanat lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan. Pelatihan ini mengundang seluruh pengurus dan anggota dharma wanita persatuan sub unit FIP UNNES sebagai peserta dengan mendatangkan narasumber Dra. Widowati, M.Pd yang merupakan dosen aktif di Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai 11.00 WIB.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan proses pengenalan dan pembuatan. Selanjutnya, setiap peserta melakukan praktik membuat batik jumputan dimulai dari membuat rancangan pola, mewarnai, mengeringkan, dan menyetrika. “Menyetrika kain hasil pewarnaan batik jumputan ini bertujuan untuk menguatkan warna pada kain”, tutur Dra. Widowati, M.Pd. Selain beliau, peserta turut didampingi oleh 2 mahasiswa Fakultas Teknik dalam proses pengerjaannya.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat batik jumputan ini, diantaranya:

  1. kain putih
  2. karet gelang
  3. tali rapia
  4. pewarna
  5. kuas
  6. seterika, dan
  7. hair dryer

Kegiatan ini mendapat respon positif bagi peserta. Bahkan kain pola batik jumputan hasil pelatihan ini kemudian dikumpulkan untuk di wolsum agar tepi kain rapi dan bisa digunakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *