Prosedur seleksi dan penulisan

  1. Pertama calon penulis mengirimkan abstrak dan outline atau sistematika bab (chapter) yang hendak ditulis ke panitia (ketentuan abstrak dan outline terdapat pada penjelasan “ketentuan naskah”). Link pengiriman abstrak dan outline tulisan di sini.
  2. Berikutnya tim editor akan menyeleksi abstrak dan outline yang sudah masuk, kriteria penilaian didasarkan pada urgensi topik, juga kualitas argumentasi dan ketajaman dalam menuliskan outline, serta kemiripan dengan karya lain. Jika ada 2 (dua) topik yang hampir sama, tim editor akan memilih satu yang terbaik untuk diloloskan.
  3. Jika abstrak dan outline tulisan lolos, penulis diberikan kesempatan menuliskan chapter-nya dalam jangka waktu 1 (satu) bulan. Link pengiriman naskah lengkap di sini.
  4. Jika hingga waktu pengiriman versi full paper habis, namun calon penulis tidak kunjung mengirimkan naskahnya, maka tim editor berhak untuk mengeliminasi calon penulis tersebut.
  5. Naskah yang sudah diterima direviu lagi oleh tim editor. Jika hasil reviu sebuah naskah menuntut perbaikan (revisi), maka penulis harus merevisinya sesuai saran dan mengirmkan naskah hasil perbaikan tersebut kembali ke tim editor. Jika ditemukan sebuah naskah terindikasi plagiat, maka otomatis tim editor menolak untuk menerbitkan naskah tersebut dalam buku ini.
  6. Jika sudah tidak perlu revisi, maka tim editor mengirimkan lembar pengalihan hak cipta tulisan dari penulis ke tim editor dan penerbit.
  7. Tim editor mengirimkan naskah lengkap ke tim lay outer untuk ditata dan kemudian diterbitkan oleh penerbit.