Social Education Camp 2015, Pengabdian untuk Pendidikan Indonesia lebih Baik

SOCIAL EDUCATION CAMP (SEC) BEM FIP UNNES 2015
SOCIAL EDUCATION CAMP (SEC) BEM FIP UNNES 2015

SOCIAL EDUCATION CAMP (SEC) BEM FIP UNNES 2015

Tentang Social Education Camp (SEC).

Social Education Camp (SEC). Social Education Camp (SEC) merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, sebuah kompetisi gagasan pendidikan berbasis pengabdian. Kegiatan ini ditujukan untuk menggagas trobosan-trobosan pemikiran dari seluruh mahasiswa di Indonesia mengenai pendidikan yang tepat untuk Indonesia.

Objek Pengabdian

PETA KOTA SEMARANG BEM FIP UNNES 2015

(Klik untuk memperbesar)

Pengabdian yang dilakukan dalam kompetinsi ini merupakan hasil dari ICP yang telah dikirimkan. Tempat pengabdian gagasan berada di Desa Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Desa Tinjomoyo merupakan salah satu desa binaan BEM FIP Unnes yang diberi nama Rumah Inspirasi (http://ribemfipunnes.blogspot.com).

Batas Wilayah 

– Utara : Kelurahan Karangrejo, kec. Gajah Mungkur
– Selatan : Kelurahan Srondol Kulon, kec. Ungaran Barat
– Barat : Kelurahan Bendar Duwur/ Sukorejo, kec. Gunung pati
– Timur : Kelurahan Ngresep, Kec. Tembalang

Kondisi/ Keadaan Wilayah

Desa Tinjomoyo secara keseluruhan memiliki luas wilayah kurang lebih 233,82, yang didominasi oleh persawahan (15 Ha), tegal/ladang (56,12 Ha) dan tanah yang digunakan sebagai fasilitas umum dengan alokasi tanah bengkok 24,26 Ha, tanah titi sara 24,26 Ha, tampat pembuangan sampah 48 Ha, bangunan sekolah 11,79 Ha, Fasilitas pasar 4,64 Ha, dan Terminal 77 Ha. Sebagian besar tanah di Desa Tinjomoyo terdiri dari tanah kering yang kurang cocok untuk lahan pertanian.

Wisata-Tinjomoyo-semarang

Desa Tinjomoyo memiliki curah hujan 5,00 mm , suhu rata-rata harian 37 derajat celcius dengan ketinggian wilayah 300 mdl. Jarak ke ibu kota kecamatan 2 km dengan lama jarak tempuh ke ibu kota kecamaan menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih 1 jam.
Untuk menuju Desa Tinjomoyo terdapat 2 jalur, yaitu jalur alternative, dan jalur utama yang merupakan bekas kebun binatang. Jalan menuju Desa Tinjomoyo seperti bukit, naik turun, curam dan sangat berkelok . Tidak ada kendaraan umum untuk menuju Desa Tinjomoyo, namun jalan masih bisa diakses menggunakan sepeda motor.

tak-terurus-taman-tinjomoyo-mangkrak-G5Q

Penerangan jalan di Desa Tinjomoyo masih terbatas, namun secara umum warga desa tersebut sudah menggunakan listrik (penerangan) yang memadahi sebagaimana desa di kota Semarang pada umumnya. Sebagaian besar sumber air warga berasal dari air sumur, dengan kondisi air baik (bersih, tidak tercemar). Kondisi sungai Desa Tinjomoyo cukup bersih, disamping sungai terdapat tempat utama pembuangan sampah warga.

Mata Pencaharian

pedagang

Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pedagang klontong (210 orang), pedagang keliling (210 orang), PNS (200 orang), pengusaha (kecil menengah besar), petani (37 orang), dan sisanya pekerjaan lain yang jumlahnya minoritas (peternak, nelayan,bidan dan mata pencaharian lain).

Pendidikan

Usia 3 – 6 th yang belum masuk TK ada 70 orang, yang sedang mengenyam pendidikan TK sekitar 201 anak, sedangkan untuk usia 7 – 18 tahun yang sedang bersekolah sekitar 501 orang. Rata-rata penduduk desa Tinjomoyo memiliki riwayat pendidikan hanya sampai SD/ Sederajat dengan jumlah 1995 orang, sedangkan untuk tamatan SMP sebanyak 1060 orang, dan SMA/ sederajat sebanyak 1826 orang. Untuk tamatan sekolah tinggi (D1,D2,D3.S1 dan S2) sebanyak 326 orang dengan didominasi oleh S1 sebanyak 179 orang, dan D3 sebanyak 170 orang.

DESA BINAAN BEM FIP UNNES 2015

Di Desa Tinjomoyo hanya terdapat Taman Kanak-kanak, 1 Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), 1 Sekolah Dasar dan 1 MI, sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama memiliki jarak yang cukup jauh dari pemukiman warga. Warga yang ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas harus menempuh jarak yang jauh pula.

Penduduk

Penduduk Desa Tinjomoyo terdiri dari penduduk asli dan pendatang yang berasal dari korban tanah longsor Desa Gombel, Semarang yang didominasi oleh anak-anak dan remaja. Penduduk Desa Tinjomoyo memiliki sifat ramah terhadap siapa saja yang datang ke desa tersebut, selain itu rasa tolong menolong dan gotong royong masih sangat kental dan tinggi.

Potensi Sumber Daya Alam

Sebagian besar penduduk Desa Tinjomoyo bermata pencaharian sebagai pedagang dan pekerja sehingga potensi sumber daya alam yang ada tidak di manfaatkan dengan baik, hal ini dikarenakan kondisi geografis Desa Tinjomoyo yang sebagian besar terdiri dari tanah kering.

Ketentuan Peserta

  1. Peserta terdaftar sebagai mahasiswa aktif (D3/S1) perguruan tinggi di Indonesia, dibuktikan dengan mengirimkan scan Kartu tanda Mahasiswa (KTM) yang dilampirkan bersamaan dengan bukti pembayaran.
  2. Peserta berupa tim / kelompok, masing-masing tim terdiri dari 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua kelompok dan anggota kelompok boleh berasal dari program studi yang berbeda tetapi masih dalam lingkup perguruan tinggi yang sama
  3. Seorang mahasiswa hanya diperkenankan menjadi anggota dalam satu tim
  4. Karya yang dikirimkan adalah karya asli (original) yang belum dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara dalam perlombaan tingkat nasional

Prosedur Pendaftaran

  1. Setiap tim wajib mengirimkan Idea Concept Project (ICP) serta melakukan registrasi pendaftaran dimulai tgl 15 Mei – 5 Juni 2015. Biaya registrasi Rp 40.000,00 melalui BNI cabang semarang dengan no rekening Monita Nur Shabrina No.Rek 030559903
  2. Setelah melakukan pembayaran, silahkan konformasi pada no 089614798727 a.n Monita Nur Shabrina dengan format SEC2015_Asal Univ_Nama Penyetor_Nama Ketua , contoh : SEC2015_UNNES_Andina_Isna
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download di web bemfip.unnes.ac.id.
  4. Scan bukti pembayaran bisa dilampirkan bersamaan dengan pengiriman file Idea Concept Project

Pengiriman Berkas

Tahap I

Pada tahap ini peserta hanya mengirimkan ide penelitian (ICP) dalam bentuk soft file, dengan prosedur sebagai berikut :

  1. Pengiriman Idea Concept Project (ICP) lengkap dapat dikirimkan melalui e-mail dalam bentuk word 2010 (docx) ke e-mail Unnesbemfip@gmail.com dengan format ICPSEC2015_ASAL UNIVERSITAS_NAMA KETUA KELOMPOK_3 KATA AWAL JUDUL ICP ,
    Contoh : ICPSEC2015_UNNES_ANDINA_Pendidikan Berbasis Karakter , setelah mengirim file konfirmasi via sms ke no 089614798727 a.n Monita Nur Shabrina Dengan format yang sama
  2. Karya tulis dikirim dengan melampirkan :
    a. Scan bukti pembayaran
    b. Formulir pendaftaran
    c. Scan KTM anggota
  3. Batas akhir pengumpulan ICP tanggal 5 Juni 2015

Tahap II

  1. Tim yang lolos 10 besar harus datang ke Universitas Negeri Semarang, tgl 12 Juni 2015 (maksimal tiba pukul 15.00 WIB) untuk registrasi ulang (membayar uang akomodasi sebesar Rp 250.000/ tim) dan grand final
  2. Fasilitas Peserta :
    1. Penginapan
    2. Makan 5x
    3. Transportasi
    4. Field Trip
    5. Seminar kit
    6. Sertifikat

Hadiah dan Penghargaan

1. Hadiah dan penghargaan untuk pemenang :

  • Juara 1 : Tropi, uang pembinaan, sertifikat, bingkisan.
  • Juara 2 : Tropi, uang pembinaan, sertifikat, bingkisan.
  • Juara 3 : Tropi, uang pembinaan, sertifikat, bingkisan.
  • Semua finalis yang telah mengirimkan ICP akan mendapatkan piagam penghargaan, 10 finalis yang masuk babak grand final mendapatkan piagam langsung sedangkan selebihnya mendapatkan e-piagam yang akan dikirimkan pada e-mail masing-masing.

2. Semua finalis yang masuk babak grand final wajib mengikuti serangkaian acara Social Education Camp (SEC) 2015, yang meliputi Technical meeting, Grand Final SEC 2015, dan Field Trip. Peserta juga diharapkan membawa peralatan yang menunjang materi presentasi masing-masing tim (prototype, ex-banner dan sebagainya).

Tanggal Penting

– 20 Mei – 6 Juni 2015 : Pengiriman Ideas Concept roject
– 7 Juni 2015 : Pengumuman finalis 10 besar
– 12 – 14 Juni 2015 : Grand Final Social Education Camp 2015

Sistematika Penulisan

A. Penulisan ICP ( Idea Concept project )

a) Halaman Judul

1. Judul Penelitian

 Judul diketik dengan huruf capital, hendaknya ekspresif, efektif, jelas dan tidak ambigu ( tidak menimbulakn penafsiran ganda )
 Logo perguruan tinggi
 Nama dan NIM penulis ditulis dengan jelas
 Perguruan tinggi, kotas asal, dan tahun penulisan ditulis dengan jelas

2. Pendahuluan

 Latar Belakang
Berisi gambaran umum mengenai topi yang diangkat serta alasan memilih topic menjadi ide penelitian
 Rumusan Masalah
Berisi uraian masalah tentang inti penelitian yang diangkat
 Tujuan dan Mafaat
Berisi tujuan dan manfaat yang ingin dicapai dari penulisan
 Gagasan
Berisi tantang deskripsi gagasan (ide) dari penelitian yang diajukan dari obyek yang ditentukan
 Instrumen penelitian / gambar (jika ada)

B. Persyaratan Penulisan

  1. Naskah ICP ditulis maksimal 5- 10 halaman
  2. Ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan tata bahasa baku, sesuai Ejaan Yang Telah Disempurnakan (EYD)
  3. Penulisan Huruf
    Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan 1,5 spasi huruf “Times New Roman 12”
  4. Tata letak
    Batas pengetikan : samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm, batas bawah 3 cm
  5. Penomoran Halaman
    a. Nomor pada bagian awal mulai dari lembar judul menggunakan angka romawi kecil (i,ii,iii dst)
    b. Bagian inti ICP mulai dari pendahuluan sampai gagsan ditulis dengan menggunakan angka biasa (1,2,3 dst)
    c. Nomor halaman ditulis dibagian kanan atas

PENILAIAN

Tahap I

Penilaian pada tahap I yaitu babak penyisihan naskah soft file ICP dengan criteria penilaian, meliputi :

  • Kesususaian ide dengan obyek yang dipilih
  • Sistematika penulisan
  • Kebermanfaatan

Pada tahap ini akan diambil 10 peserta terbaik untuk masuk babak grand final , yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 Juni 2015.

Tahap II

Tahap ini diikuti oleh 10 peserta yang lolos babak selanjutnya, pada tahap ini finalis mempresentasikan ICP yang telah mereka kirimkan , dan melakukan pengabdian selama 3 hari yang akan menentukan katagori pemenang yaitu peneliti terbaik dan pengabdi terbaik

DOWNLOAD

PANDUAN DAN FORMULIR PENDAFTARAN SOCIAL EDUCATION CAMP (SEC) BEM FIP UNNES 2015

Informasi lebih lanjut:

Arif NurMuhamad (089630125768)

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>