PRESS RELEASE GCSC 2017

Pada hari Senin, 25 September 2017 telah terlaksana kegiatan Guidance and Counseling Smart Competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Unnes yang bekerjasama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Guidance and Counseling Smart Competition adalah salah satu program kerja yang  dilaksanakan oleh Fungsionaris Hima BK Unnes periode 2017. Kegiatan ini berfokus pada bidang edukasi, sehingga menciptakan insan yang  berkompeten di dunia BK dan melahirkan mahasiswa yang bermanfaat serta bermartabat. Dari kegiatan Guidance and Counseling Smart Competition (GCSC) ini diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minat serta potensi yang dimiliki mahasiswa serta semakin membuktikan eksistensi kedudukan Bimbingan dan Konseling di kancah pendidikan Nasional.

Guidance and Counseling Smart Competition (GCSC) merupakan kegiatan yang memiliki prestise tinggi dengan sasaran peserta mencapai lingkup Nasional. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling di Indonesia dengan cara menyumbangsihkan ilmu yang selama ini mereka dapat dalam perkuliahan ke dalam kontribusi nyata untuk masing-masing Universitas yang mereka wakili. Guidance and Counseling Smart Competition sendiri memiliki tiga tahapan perlombaan, yaitu tahap pertama adalah pengerjaan soal tertulis, tahap kedua adalah tes Keterampilan Dasar Konseling dan tahap ketiga adalah Analisis Kasus.

Kegiatan Guidance and Counseling Smart Competition pada tahun ini  diikuti oleh 107 peserta dari 24 universitas yang ada di Indonesia yaitu Universitas Sriwijaya, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Katolik Indo Atma Jaya, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas PGRI Semarang, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Yogyakarta, Univertitas Sanata Dharma Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surakarta, Universitas Muria Kudus, IAIN Surakarta, UIN SMH Banten, Uhamka, Unugha Cilacap, dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pada acara Guidance and Counseling Smart Competition 2017 yang bertema “Akselerasi Inovasi dalam Karya Berbasis Multikultural yang Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional” ini diperoleh Juara 1 yaitu Ardina Elly Elisa dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 2 Ayu Andriyani dari Universitas Negeri Semarang, Juara 3 Fuad Aminur Rahman dari Universitas Ahmad Dahlan, Juara Harapan 1 Hanna Permata Hanifa dari Universitas Negeri Semarang, dan Juara Harapan 2 Taufik Febrianto dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Selamat untuk para pemenang semoga dapat memberi kebermanfaatan bagi pengembangan ilmu bimingan dan konseling. Kegiatan Guidance and Counseling Smart Competition 2017 ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, dewan juri dan panitia GCSC 2017.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *