FIP INDONESIA, FIP PANCASILA (FIP Memperingati Hari Lahir Pancasila)

hari lahir pancasila 2

Jumat, 2 Juni 2017 bertempat di halaman gedung A2, segenap civitas akademia FIP UNNES -mulai dari pejabat fakultas, dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa- melaksanakan Upacara bendera untuk memperingati hari lahir Pancasila (01 Juni 1945).

Upacara yang dipimpin langsung oleh dekan FIP UNNES Prof. Dr. Fakhruddin M.Pd. berjalan dengan khidmat. Dalam amanat upacaranya, beliau menyampaikan sambutan Presiden Republik Indonesia mengenai pentingnya manifestasi Pancasila sampai pada perilaku sehari-hari. Hal tersebut menjadi hal yang urgent karena beberapa tahun paska reformasi begitu meruncing isu-isu sensitif seperti suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) yang menyebabkan ketegangan antar golongan masyarakat. Pemaknaan Pancasila dalam perilaku sehari-hari diharapkan mampu menetralisir ketegangan yang bersifat sektarian itu.

hari lahir pancasila 1

Isu kebangsaan lain adalah geliat revivalisasi ideologi-ideologi selain Pancasila. Baik ideologi yang cenderung ‘kanan’ atau ‘kiri’, keduanya secara laten masih aktif dan menyebarkan pengaruhnya di berbagai lapisan masyarakat. Maka, hari lahir Pancasila juga berfungsi untuk mengingatkan kita bahwa Pancasila adalah falsafah kebangsaan yang mengakomodir realitas nusantara yang ber-bhinneka. Di samping itu, dalam sidang Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), ide Pancasila dalam pidato Soekarno telah memenangkan hati segenap anggota Dokuritsu Junbi Cosakai dan mengalahkan ideologi-ideologi lain yang diajukan.

Merespon gejala-gejala tersebut dalam amanatnya, Presiden Jokowi menetapkan Perpres No.54 Tahun 2017 mengenai pembentukan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Harapannya dari unit kerja tersebut, strategi/metode menyemaikan nilai-nilai pancasila dapat efektif hingga ke ranah perilaku sehari-hari.

FIP INDONESIA, FIP PANCASILA!

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>