LESTARIKAN BUDAYA KONSERVASI, PGPAUD SELENGGARAKAN PAGELARAN SENI KEARIFAN LOKAL

Kegiatan pembelajaran selama masa pandemi tidak menutup kreativitas para mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Berbagai model dan produk pembelajaran dihasilkan sebagai bentuk seni pembelajaran pada tiap mata kuliah. Dengan bertajuk Pagelaran Seni Berkearifan Lokal, Jurusan PGPAUD menyelenggarakan pagelaran yang dilakukan secara virtual. Kegiatan ini berhasil memproduksi video pagelaran kesenian dengan mengangkat topik kearifan lokal daerah masing-masing mahasiswa.

Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si., selaku WD3 bidang kemahasiswaan sangat mengapresiasi kegiatan pagelaran seni ini agar terus berlanjut demi meningkatkan bakat, minat, serta kreativitas mahasiswa yang terintegrasi dengan beberapa mata kuliah seni. Selain itu, dapat untuk menumbuhkan semangat dan daya juang mahasiswa PGPAUD di era distrupsi 4.0, dimana terjadi perubahan yang begitu cepat di segala aspek kehidupan.

Terdapat 120 karya yang ditampilkan oleh mahasiswa dengan mengangkat berbagai tema kedaerahan yang menarik. Selama kegiatan produksi, mahasiswa memperoleh pembimbingan yang optimal dari Agustinus Arum Eka, M.Sn dan Akaat Hasjiandito, M.Pd. Kegiatan pagelaran ini merupakan muara dari berbagai mata kuliah seni yang telah ditempuh oleh mahasiswa PGPAUD yang di dalamnya mengandung unsur seni tari, seni musik, tata rias dan busana, koreografi, face painting dan lain sebagainya.

Proses produksi pagelaran seni dilakukan mulai dari kegiatan analisis terhadap potensi daerah masing-masing, pembuatan skenario pagelaran, proses pengambilan video, dan editing dengan berbagai kreativitas yang dikembangkan oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung visi Universitas Negeri Semarang dengan tetap menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif pada bidang konservasi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *