Dalam rangka pemulihan pelatihan dan kursus pasca covid-19, Jurusan PLS FIP UNNES gelar webinar nasional #3

Jurusan pendidikan luar Sekolah ( PLS) FIP UNNES menggelar webinar nasional untuk ketiga kalinya. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap pelatihan dan kursus di Indonesia yang turut merasakan dampak dari pandemic covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 30 Agustus 2022 ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Bapak Dr. Edy Purwanto, M.Si dan dihadiri oleh 377 peserta dari berbagai latar belakang, diantaranya LKP dan LPK Seluruh Indonesia, SKB SPNF Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Semarang, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang serta akademisi dan praktisi dari berbagai Lembaga.

Kehidupan pasca covid-19 membuat siapapun harus beradaptasi dengan perubahannya. Termasuk dalam kegiatan pembelajaran pada pelatihan dan kursus “ Setelah pandemic ini, pembelajaran harus berinovasi. Prinsipnya bukan memindah dari offline menjadi online ataupun online kembali ke offline. Namun memberikan nilai tambah.” Tutur Ahmad Suaidi pada pemaparan materinya

Webinar nasional ketiga ini mengusung tema Strategi Kursus dan Pelatihan di Era Internet dan Data. Gait akademisi dan praktisi sebagai narasumber diantaranya  Dr. Tri Suminar, M.Pd ( Koorprodi Magister Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana UNNES), Ahmad Suaidi ( Direktur Utama Blit’Z Business & Consulting ), Agus Manto, S.Pd (CEO Visioncollege.id)

Menurut salah narasumber, yaitu Ibu Dr. Tri Suminar M.Pd “Jika ditinjau dari filsafat ilmu Ontology, Pelatihan sebagai pemenuhan kebutuhan dan upaya untuk meningkatkan atau mengubah perilaku yang seharusnya.’’ Memasuki era society 5.0 pelatihan dan kursus menjadi jawaban dari adanya kesenjangan teknologi dan penekanan pengembangan kompetensi. Hal ini diperkuat dengan pernyataan narasumber Bapak Agus Manto, S.Pd “Menciptakan pelatihan dan kursus harus sesuai dengan kebutuhan pasar”.

INFORMASI LOMBA UNGGAHAN INSPIRATIF KEMERDEKAAN DAN LOMBA UNGGAHAN INSPIRATIF MAHASISWA BARU FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNNES 2022

  1. LOMBA UNGGAHAN INSPIRATIF KEMERDEKAAN

Dalam Rangka Memeriahkan HUT Ke 77 RI 2022, Fakultas Ilmu Pendidikan Menyelenggarakan Lomba LOMBA UNGGAHAN INSPIRATIF KEMERDEKAAN untuk seluruh mahasiswa FIP.

Adapun Syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Aktif FIP.
  2. Mengikuti ketentuan Lomba yang telah ditetapkan.
  3. Terdapat 2 kategori lomba, yaitu: Kategori gambar inspiratif dan Kategori video pendek inspiratif.
  4. Diambil 3 juara untuk setiap kategori, dengan hadiah uang tunai.  Juara 1: Rp.400.000, Juara 2: Rp.300.000, Juara 3: Rp.200.000
  5. Keputusan Juri bersifat mutlak.

Ketentuan Lomba:

  • Setiap mahasiswa boleh mengikuti 2 kategori.
  • Mengunggah gambar inspiratif dan video pendek inspiratif tema kemerdekaan ke Instagram masing-masing.
  • Pastikan akun dengan pengaturan publik.
  • Sertakan quote dan tag ke Instagram Resmi FIP @fipunnes
  • Sertakan hashtag #fipunnesinspiratif #fipunnes

Tanggal Penting;

  1. Waktu unggahan : 17-18 Agustus 2022
  2. Pengumuman : 30 Agustus 2022

Link Formulir Pendaftaran: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSda-Vc9mCMC9zN9AZxkrQctoaJdVq6WF2w2APTJV5xwE-aYaA/viewform?usp=sf_link

  • LOMBA UNGGAHAN INSPIRATIF MAHASISWA BARU

Dalam Rangka Menyambut mahasiswa baru dan menyemarakkan kegiatan PKKMB-OKPT 2022, Fakultas Ilmu Pendidikan Menyelenggarakan LOMBA UNGGAHAN INSPIRATIF MAHASISWA BARU.

Adapun Syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Khusus Mahasiswa  Baru FIP Angkatan 2022.
  2. Mengikuti ketentuan Lomba yang telah ditetapkan.
  3. Terdapat 2 kategori lomba, yaitu: Kategori gambar inspiratif dan Kategori video pendek inspiratif.
  4. Diambil 3 juara untuk setiap kategori, dengan hadiah uang tunai.  Juara 1: Rp.400.000, Juara 2: Rp.300.000, Juara 3: Rp.200.000
  5. Keputusan Juri bersifat mutlak.

Ketentuan Lomba:

  • Setiap mahasiswa boleh mengikuti 2 kategori.
  • Mengunggah gambar inspiratif dan video pendek inspiratif tema kegiatan PKKMB dan OKPT ke Instagram masing-masing.
  • Pastikan akun dengan pengaturan publik.
  • Sertakan quote dan tag ke Instagram Resmi FIP @fipunnes
  • Sertakan hashtag #fipunnesinspiratif #pkkmbokptfipunnes  #fipunnes

Tanggal Penting;

  • Waktu unggahan : 20-28 Agustus 2022
  • Pengumuman : 30 Agustus 2022

Link Formulir Pendaftaran: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfV48u3_F-w41ok212y_FfeKzQuWfk6d6TfiRQJdDhjVp_niQ/viewform?usp=sf_link

TELAH DILAKSANAKAN SOSIALISASI BANTUAN
PINJAMAN PEMBIAYAAN KULIAH

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) senantiasa memberikan support kepada
mahasiswa atas berbagai permasalahan yang mahasiswa hadapi. Salah satunya
adalah memberi informasi berbagai alternatif bantuan pembiayaan kuliah
mahasiswa salah satunya adalah dengan kegiatan sosialisasi bantuan pinjaman
pembiayaan kuliah ini. FIP menindaklanjuti kerjasama dengan mitra yang telah dijalin
oleh Pihak Rektorat Universitas Negeri Semarang terkait pemberian bantuan
pinjaman pembiayaan kuliah dengan menggandeng Mitra Danacita yang bertujuan
untuk memberikan informasi pinjaman pembiayaan dengan skema yang telah diatur
oleh Danacita. Selain itu dalam forum sosialisasi ini juga Danacita memberikan
kesempatan Lembaga Kemahasiswaan yang ada di lingkungan FIP untuk bermitra di
berbagai event kemahasiswaan. FIP melakukan sosialisasi Danacita ini dihadiri oleh seluruh Pendamping
Kemahasiswaan di lingkungan FIP, semua fungsionaris dan anggota Lembaga
Kemahasiswaan, serta beberapa perwakilan mahasiswa. Sosialisasi ini dilakukan
pada tanggal 21 Juli 2022 secara online, dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dekan
Bidang Kemahasiswaan Bapak Dr. SUNGKOWO EDY MULYONO, S. Pd., M. Si. serta
dihadiri Pimpinan Danacita Bapak Alfonsus Wibowo dan tim. Kegiatan sosialisasi ini
adalah lanjutan dari hasil pembicaraan pihak Danacita dengan jajaran Pimpinan FIP
yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada tanggal 12 Juli 2022. Harapannya
kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan manfaat dan kesempatan untuk membantu
mahasiswa khususnya di lingkungan FIP Unnes. Informasi lebih lanjut mengenai
skema bantuan pinjaman pembiayaan kuliah oleh Danacita silakan bisa mengunjungi
websitenya yaitu https://danacita.co.id/partners/unnes/

HUT ke-57 BK FIP UNNES Gelar Academic Forum Berkolaborasi Dengan Mitra Prodi BK di Indonesia

Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (BK FIP UNNES) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 pada 8 Juni 2022. Dalam rangka perayaan HUT tersebut BK FIP UNNES menyelenggarakan Annual Guidance and Counseling Academic Forum dengan tema ““Pengembangan Profesional Berkelanjutan dalam membentuk Nilai dan Karakter Unggul Konselor untuk Indonesia Emas”. Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dengan 23 mitra BK UNNES.

Kegiatan yang berlangsung pada Hari Rabu, 15 Juni 2022 pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB yang dilaksanakan secara hybrid di Gedung Dekanat FIP UNNES lantai 3 dan zoom meeting dipandu oleh Vriemadiska A. Waluyan, S. Pd. Kegiatan menghadirkan narasumber utama dan narasumber di kelas paralel, serta keynote speaker sebagai pemantik diawal kegiatan.

Kegiatan berlangsung dengan diawali pembukaan, penayangan video perjalanan BK UNNES, prestasi mahasiswa dan dosen, video puisi karya dosen BK FIP UNNES, sesi utama, dan sesi kelas paralel. Ketua jurusan BK FIP UNNES Kusnarto Kurniawan, M.Pd., Kons., mengungkapkan “Kegiatan Annual Guidance and Counseling Academic Forum nantinya akan menjadi kegiatan rutin tahunan dan akan menjadi puncak acara perayaan HUT Jurusan BK FIP UNNES.” Paparnya.

Sesi utama menghadirkan Dr. Edy Purwanto, M. Si., sebagai pembicara kunci memaparkan mengenai Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan dalam Membentuk Nilai dan Karakter Unggul Konselor. “Tantangan kedepan untuk menciptakan ekosistem untuk tumbuhnya SRL, social skill, dan spiritual”, paparnya.

Sesi narasumber utama dipandu oleh Eni Rindi Antika, M. Pd., selaku moderator. Narasumber sesi utama menghadirkan Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons., Dr. Ipah Saripah, M.Pd., dan Windaniati, M.Pd. Dengan mendengarkan pemaparan setiap narasumber kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Sesi kedua yaitu sesi kelas paralel dilaksanakan disetiap ruang. Terdapat 5 ruang melalui zoom meeting yang menghadirkan mitra kolaborasi yang memaparkan hasil riset dengan topik pendekatan dan intervensi perilaku dalam bimbingan dan konseling, asessment bimbingan dan konseling, pengembangan keprofesian dan managemen bimbingan dan konseling, media dan pelayanan bimbingan dan konseling berbasis online, multikultural dan isu spiritual dalam bimbingan dan konseling yang dipandu oleh moderator kelas paralel.

Harapannya kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wadah dan kesempatan bagi dosen potensial di setiap Prodi BK di Indonesia serta sharing akademik mengenai pengembangan keilmuan di bidang BK.

Selamat Hari Ulang Tahun ke-57 Jurusan BK FIP UNNES

FIP UNNES Sukses Selenggarakan Guest Lecture Asscoc. Prof. Zawawi Ismali

Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES telah menyelenggarakan Guest Lecturig from University QS 100 Rank dengan narasumber Assoc. Prof. Dr. Zawawi Ismail (Dean Faculty of Education, Universiti Malaya) yang dibersamai Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D (Vice Dean Faculty of Education UNNES). Acara berlangsung secara hybrid ini dimoderatori oleh Eem Munawaroh, S.Pd.M.Pd. (Lecturer of Guidance and Counseling, Faculty of Education UNNES).
.
Keseluruhan acara yang membahas pendidikan dan pembelajran ini berlangsung kurang lebih 90 menit pada Rabu, 8 Juni 2022. Melalui kegiatan yang diikuti dosen maupun mahasiswa ini berlangsung lancar dan antusisas, terlebih ketika membahas efek postif dan negatif dalam pendidikan.

Pembukaan Bulan Pendidikan FIP diwarnai Penghargaan Penghargaan Gerakan Literasi Menulis dan Membaca Puisi Bertema  Konservasi Secara Dalam Jaringan dari Leprid

Selasa (24/5) Bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Pembukaan Bulan Pendidikan 2022 yang kali ini mengusung tema “FIP Pelopor Kecemerlangan Pendidikan untuk Indonesia Emas”

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Penghargaan Gerakan Literasi Menulis dan Membaca Puisi Bertema  Konservasi Secara Daring dengan Peserta Terbanyak dari Lembaga Pencatatan Rekor Indonesia Dunia (Leprid) yang diikuti 400 peserta dari civitas akademika FIP UNNES.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan bahwa Unnes merupakan kampus perguruan tinggi di Indonesia yang mendunia. “Kita ini di tengah perguruan lain di Indonesia bukan merupakan pesaing, melainkan pendamping,”

Sementara itu Direktur Leprid, Paulus Pangka, SH, mengatakan penghargaan ini merupakan pemecahan rekor ke-35 bagi Unnes.

Pengumuman Lolos 3 besar Lomba Guru Kreatif 2022

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri, berikut adalah Peserta yang Lolos masuk 3 Besar:

Lolos 3 Besar Jenjang PAUD Sederajat:
a. Anista Diyah Fusvitasari, S. Psi. RA IT Al Firdaus Purwodadi Grobogan
b. Dwi Novianti,S Pd. TK Angkasa Lanud Supadio
c. Sri handayani,S.Pd TK Muslimat Nu 18 Kota Malang

Lolos 3 Besar Jenjang SD/MI Sederajat:

a. AFTRIANA KHOLIFA, S.Pd. SD Islam Tunas Harapan
b. Bagus Kurniawan, S.Pd. SD Al Islam Pengkol Jepara
c. Tuti Susanti, S.Pd. SD Negeri 2 Binangun

Lolos 3 Besar SMP/MTs Sederajat:
a. Ani Rahayuningsih, S.Pd SMP Negeri 17 Malang
b. Erna Widyasari, S.Si SMP Al Azhar Syifa Budi Solo
c. Nurul Fitria, S.Si SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

Lolos 3 Besar Jenjang SMA/SMK Sederajat:
a. Anggi Perdana, S.Pd.,Gr. SMAN 1 Bintan Pesisir
b. Dian Asmi Setoningsih, M.Pd Thursina IIBS Malang
c. SEPTA KRISDIYANTO SMKN 1 MEJAYAN, KAB. MADIUN

Peserta akan mendapatkan undangan untuk mengikuti konferensi: The 3rd International Seminar on Education and Human Technology (ISEHT) 2022 “Transforming Education in a Post-Pandemic World: Consequences for Future Teaching and Research, sekaligus di event tersebut akan di umumkan juara-juaranya (Peserta hadir online zoom, tidak perlu hadir ke kampus).

Selamat untuk para nominee 3 besar. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi narahubung setiap jenjang. Panitia juga akan mengonfirmasi melalui email peserta.
Demikian informasi dari kami.

Penanda Tanganan Pakta Integritas Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

14 maret 2022 bertempat di aula pertemuan lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang telah melaksanakan penandatanganan pakta integritas tahun 2022 yang ditandatangani oleh Fungsionaris Fakultas, Fungsionaris jurusan, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalam sambutannya dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengatakan pakta integritas dan perjanjian kinerja ini merupakan intrumen untuk bagaimana target Universitas dan Fakultas ini bisa didokumentasikan dengan baik tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Konselor Lulusan PPK Jurusan BK FIP UNNES angkatan XIV tahun 2021

Semarang, 29 November 2021. Bertempat di aula pertemuan Dekanat FIP, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Konselor Lulusan PPK. secara Luring dan Daring.

Sebelum dilantik, calon konselor ini telah menempuh Pendidikan selama 600 jam dan diharapkan setelah pelantikan ini  kontribusi positip melalui karya-karya yang bermanfaat.

Dalam acara ini Ketua PB ABKIN Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd memandu pelantikan dan pengambilan sumpah 12 konselor yang berasal dari berbagai daerah.

Dalam sambutanya Dekan FIP Dr. Edy Purwanto, M. Si. Merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada konselor lulusan FIP UNNES yang selama studi menempuh di PPK UNNES ini.

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNNES Sukses Selenggarakan The 2nd International Conference People

Semarang – (Senin, 23/08/2021) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menyelenggarakan The 2nd International Conference People dengan tema yang diangkat yaitu Primary Education Pivotal Literature and Research : Primary Education in Pandemic Era.

Dengan mengundang banyak pembicara yang mumpuni pada bidangnya. Bapak Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Semarang, beliau menjadi pembicara utama dalam acara ini.

Selain itu, dalam konferensi internasional ini juga banyak menghadirkan pembicara pembicara yang hebat yang berasal dari berbagai negara.

Diantaranya adalah

1. Prof. Dr. Supyan Hussin, yakni Doktor dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Kebangsaan Malaysia.

2. Dr. Eric Chi Keung, seorang Doktor di Universitas Pendidikan Hongkong.

3. Farid Ahmadi, S. Kom,. M. Kom., Ph. D.  Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

4. Adrian Rodgers, Ph. D. Dosen di Sekolah Tinggi Pendidikan dan Ekologi Manusia, Universitas Negeri Ohio, USA.

Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNNES Farid Ahmadi PhD.,mengatakan IC PEOPLE ini merupakan konferensi internasional kedua yang diadakan oleh jurusan PGSD, dan termasuk sebagai salah satu program kerja bidang akademik, tentu Fakultas Ilmu Pendidikan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini.

Seminar ini juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman pendidikan terkait tantangan dan pengetahuan serta inovasj pembelajaran pada pendidikan sekolah dasar di era panndemi seperti sekarang ini.

Seminar internasional dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom dan Youtube,  dan berlangsung pada hari Senin, 23 Agustus 2021.

Seminar ini membahass banyak pokok bahasan yang sangat menarik seputar pendidikan  diantaranya :

1. Pendidikan seni

2. Pendidikan karakter

3. Perkembangan Anak

4. kurikulum pendidikan

5. penelitian dan pengembangan pendidikan

6. Teknologi pendidikan

7. Pendidikan literasi

8. Media pembelajaran

9. Kompetensi guru

Agenda dalam seminar online ini yaitu meliputi sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai macam universitas di Indonesia.