Lokakarya Pengolahan Bunga Krisan menjadi Produk Kekinian Oleh Tim PHP2D HIMA PLS UNNES

Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) HIMA PLS UNNES telah melakukan lokakarya pembuatan bunga kering menjadi produk kekinian yang bernilai ekonomis. Bunga krisan yang telah melalui proses pengeringan disulap menjadi dua produk berbeda, yaitu frame hiasan dinding dan aksesoris dari resin. Kegiatan ini dilakukan pada Minggu, 19 September 2021 sebagai kegiatan lanjutan dari lokakarya yang telah dilakukan dua pekan sebelumnya. Sama seperti dua kegiatan yang lalu, lokakarya kali ini masih berlokasi di Dusun Clapar, Desa Duren, Kabupaten Semarang.

Kedua produk kekinian yang diusung tim PHP2D HIMA PLS UNNES dalam lokakarya bisa dikatakan sangat menarik. Frame dan aksesoris dari bunga krisan seperti menjadi terobosan baru bagi industri bunga krisan di Kabupaten Semarang, terkhusus di Desa Duren yang menjadi sentra produksi bunga tersebut. Hal ini tentu saja menjadi angin segar bagi para petani setelah permintaan dari bunga krisan menurun drastis akibat pandemi. Frame dan aksesoris bisa dijadikan produk alternatif bagi para petani jika permintaan bunga berkurang. Dengan menargetkan pasar anak muda yang gemar membeli produk bernilai estetik, tentu saja produk ini bisa bersaing dengan produk kekinian lainnya.

Tim PHP2D HIMA PLS  mengajak pemuda Karang Taruna desa setempat untuk menjadi peserta lokakarya pembuatan produk kekinian ini. Para pemuda Karang Taruna terlihat sangat menikmati proses lokakarya dari awal hingga akhir kegiatan berlangsung. Sebelum melakukan lokakarya peserta dibagi terlebih dahulu menjadi empat kelompok untuk mempermudah koordinasi.

Lokakarya dimulai pada siang hari dengan pembuatan aksesoris dari resin. Keadaan cuaca yang panas tidak membuat antusias peserta lokakarya menurun. Praktik pembuatan aksesoris dipandu oleh Mutiara Ramadhani dan Arindi Putri sebagai anggota tim PHP2D HIMA PLS UNNES. Setelah satu jam melakukan pembuatan aksesoris, sesi selanjutnya adalah pembuatan frame hiasan dinding. Pada sesi ini tim PHP2D HIMA PLS mengundang pemateri yang ahli di bidang tersebut, yaitu Clara Clalista. Proses lokakarya pada sesi kedua juga berjalan dengan lancar, bahkan tidak jarang terdapat celetukan dari peserta yang menyebabkan gelak tawa.

Suasana yang ceria dan penuh canda tawa membuat waktu terasa sangat cepat. Apalagi menjelang sore hari, lokasi lokakarya yang berada di daerah pegunungan terasa semakin sejuk. Hal ini membuat para peserta semakin bersemangat. Di penghujung kegiatan, Rana Indah selaku ketua tim PHP2D HIMA PLS menyerahkan sertifikat kepada Clara Clalista. Sebagai pemateri, Clara Clalista yang merupakan owner dari “Rose Bouqets” tidak lupa memberikan hadiah kepada dua kelompok terbaik. Sesi foto bersama antara pemateri dan peserta lokakarya mengiringi terbenamnya matahari pada hari itu. Lokakarya yang telah dilakukan, harapannya dapat menambah alternatif dan menjadi terobosan dalam pengolahan bunga krisan. Hal ini agar bunga krisan tidak hanya dijual mentah sebagai bunga potong oleh petani, melainkan dapat diolah lagi menjadi produk yang lebih bernilai, bertahan lebih lama dan dapat menarik perhatian pasar. Adapun program selanjutnya adalah ekspo yang akan diselenggarakan di area wisata Gedung Songo Bandungan. Para pemuda Karang Taruna juga akan dilatih strategi berjualan melalui toko online maupun media sosial. Harapannya semua pemuda Dusun Clapar, Desa Duren, Kabupaten Semarang memiliki media sosial yang juga dijadikan sebagai wadah dalam mempromosikan keunggulan desanya.

Ahmad Thoha Aziz

Mahasiswa PGSD Raih Juara 1 dalam Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2021 tingkat Kabupaten Rembang

Selamat kepada MUHAMMAD KHAMMAS AINUN NI`AM mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan meraih juara 1 dalam Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2021 tingkat Kabupaten Rembang  setelah menyisihkan sebanyak 41 peserta.

Semoga dapat memberikan motivasi untuk senantiasa berprestasi kepada mahasiswa Ilmu Pendidikan lainnya.

Mahasiswa PGSD Juara 1 Lomba Poster HUT ke-36 Pramuka Saka Kencana Nasional

Selamat kepada Berlian Hariratul Mahya Sebagai Juara 1 Lomba Desain Poster Online dalam peringatan HUT  ke-36 Pramuka Saka Kencana Nasional.

Tahun 2021 ini Saka Kencana telah memasuki usianya yang ke 36 tahun, untuk memperingatinya Saka Kencana telah dan akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya: Kegiatan Lomba (video kreasi, poster dan TikTok Challenge; Kegiatan donor darah (diikuti setiap provinsi) dan Puncak Peringatan HUT ke-36 Pramuka Saka Kencana.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sungkowo Edy Mulyono,M.Si mengapresiasi dan bangga atas prestasi mahasiswa FIP yang terus berkiprah di ajang kompetisi nasional bahkan internasional. Dan berterimakasih kepada bapak dan ibu dosen atas bimbingan dan supportnya. Harapannya mahasiswa terus berkarya untuk reputasi Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai bagian dari komitmen membudayakan prestasi UNNES.

Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Raih Juara 1 Lomba Poster

FIP.UNNES.AC.ID – Andre Eka Fajari KTP 2019 meraih Juara 1 Lomba Desain Poster yang diadakan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi UNISKA. Kegiatan lomba desain poster dan video pendek ini bertema Meningkatkan Kreativitas Dalam Menyambut Lebaran Sebagai Momen Terbaik Untuk Melawan Pandemi Covid-19.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S. Pd., M. Si. Mengapresiasi Andre Eka Fajari atas prestasinya ini semoga dapat memberikan motivasi untuk senantiasa berprestasi kepada mahasiswa Ilmu Pendidikan lainnya.

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah lolos seleksi PHP2D

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah lolos seleksi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa dari belmawa dikti dengan judul “Optimalisasi Potensi Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Literasi Kewirausahaan Bunga Crisan Dalam Menciptakan Produk Alternatif Dan Berbagai Pemasarannya”

Program Holistik Bina Desa (PHBD) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa.

Menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Mahasiswa Psikologi Juara 3 Lomba Podcast Gebyar Ramadhan Teknik Ristek 1442 H

(Dilansir dari psikologi.unnes.ac.id) Bulan ramadhan bukan menjadi alasan untuk tidak mengukir prestasi. Seperti yang dialami oleh mahasiswa Jurusan Psikologi Dinda Ayu Wulandari (2019) yang telah membuktikannya dengan meraih juara ke-3 dalam Lomba Podcast – Gebyar Ramadhan Teknik 1442 H yang diadakan oleh Ristek FT UNNES atau Organisasi Kerohanian Islam Fakultas Teknik UNNES.

Berawal dari minat hingga membawakan sebuah hasil merupakan sesuatu yang sangat memuaskan. Dinda mengaku bahwa dirinya senang dengan bidang siaran dan suka untuk berbicara sendiri sehingga lomba podcast ini sangat menarik baginya. Pada Ramadhan tahun sebelumnya pun Dinda pernah mengikuti lomba serupa di universitas lain, namun belum mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemenang. Walaupun begitu, hal tersebut tidak lantas membuat dirinya menyurutkan semangat.

Membahas tentang podcast, maka tidak akan jauh-jauh dari rekaman suara. Dalam prosesnya pun Dinda melakukan perekaman suara sesuai dengan materinya yang berjudul “Amalan-Amalan Utama di Bulan Ramadhan”. Adanya suara-suara yang mengganggu karena letak rumahnya yang berada dekat jalanan menjadi kendala tersendiri. Namun, hal ini bisa dia atasi dengan menambahkan suara backsound pada podcast.

“Perasaan saya saat mengetahui bahwa saya mendapatkan juara 3 tentu sangat senang, karena ini merupakan pengalaman pertama saya mendapatkan kejuaraan selama di bangku perkuliahan, dan senang karena mendapat hadiah meskipun tidak seberapa tapi bisa untuk menambah uang saku,” jelas Dinda sambil tertawa malu. Lomba podcast ini sangat mengesankan baginya, karena tema yang diangkat tentang bulan ramadhan, sehingga tidak terlalu sulit untuk mengetahui apa ciri khas dan keutamaan di bulan ramadhan.
Setelah pencapaiannya ini, Dinda menjadi lebih percaya diri di bidang yang diminati dan semakin menambah motivasi untuk membuat podcast yang lain. “Untuk teman-teman, yuk mengeksplor diri lebih jauh dengan mengikuti berbagai lomba sesuai minat. Jangan memikirkan hasil, yang penting berani mencoba, tetap optimis, dan memaksimalkan apa yang kita bisa daripada tidak sama sekali,” begitu pesannya kepada seluruh teman-teman mahasiswa Psikologi. (Lail)

Mahasiswa FIP juara 2 Lomba Video Edukasi Nasional pada Psyfic

Selamat! kepada Mahasiswa Psikologi yang telah meraih juara 2 Lomba Video Edukasi Nasional pada Psyfic (Psychology Scientific) tahun 2021 dengan judul “The Silent Scream: A Dilema to be Human-Well being.” Yang diadakan Universitas Hasanudin pada 8 Mei 2021

Berikut anggota yang mengikuti perlombaan tersebut:

1. Bachrul Rosyid Zaini (2019)

2. Tazkia Nada Nabila (2019)

3. Ristia Ananda Susaria (2019)

Semoga dapat memberikan motivasi kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Khususnya untuk selalu berprestasi.

Mahasiswa BK, Berhasil Raih Juara 2 Lomba Video Konseling Individual

Selamat kepada Nurshafilla Rizka Saputri dan Fristya Qusnul Saputri berhasil capai juara 2 Lomba Video Konseling Individual Tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Syiah Kuala pada tanggal 04 Desember 2020.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sungkowo Edy Mulyono,M.Si mengapresiasi dan bangga atas prestasi mahasiswa FIP yang terus berkiprah di ajang kompetisi nasional bahkan internasional.

Harapannya mahasiswa terus berkarya untuk reputasi Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai bagian dari komitmen membudayakan prestasi UNNES.

Putri Nur Aini, Berhasil Raih Juara 1 Lomba Poster BK 2020

Selamat kepada Putri Nur Aini berhasil capai juara 1 lomba poster BK 2020 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA). Lomba tersebut bertemakan “Peran Generasi Milenial dalam Menghadapi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19”.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sungkowo Edy Mulyono,M.Si mengapresiasi dan bangga atas prestasi mahasiswa FIP yang terus berkiprah di ajang kompetisi nasional bahkan internasional.

Harapannya mahasiswa terus berkarya untuk reputasi Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai bagian dari komitmen membudayakan prestasi UNNES.