Lokakarya Pengolahan Bunga Krisan menjadi Produk Kekinian Oleh Tim PHP2D HIMA PLS UNNES

Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) HIMA PLS UNNES telah melakukan lokakarya pembuatan bunga kering menjadi produk kekinian yang bernilai ekonomis. Bunga krisan yang telah melalui proses pengeringan disulap menjadi dua produk berbeda, yaitu frame hiasan dinding dan aksesoris dari resin. Kegiatan ini dilakukan pada Minggu, 19 September 2021 sebagai kegiatan lanjutan dari lokakarya yang telah dilakukan dua pekan sebelumnya. Sama seperti dua kegiatan yang lalu, lokakarya kali ini masih berlokasi di Dusun Clapar, Desa Duren, Kabupaten Semarang.

Kedua produk kekinian yang diusung tim PHP2D HIMA PLS UNNES dalam lokakarya bisa dikatakan sangat menarik. Frame dan aksesoris dari bunga krisan seperti menjadi terobosan baru bagi industri bunga krisan di Kabupaten Semarang, terkhusus di Desa Duren yang menjadi sentra produksi bunga tersebut. Hal ini tentu saja menjadi angin segar bagi para petani setelah permintaan dari bunga krisan menurun drastis akibat pandemi. Frame dan aksesoris bisa dijadikan produk alternatif bagi para petani jika permintaan bunga berkurang. Dengan menargetkan pasar anak muda yang gemar membeli produk bernilai estetik, tentu saja produk ini bisa bersaing dengan produk kekinian lainnya.

Tim PHP2D HIMA PLS  mengajak pemuda Karang Taruna desa setempat untuk menjadi peserta lokakarya pembuatan produk kekinian ini. Para pemuda Karang Taruna terlihat sangat menikmati proses lokakarya dari awal hingga akhir kegiatan berlangsung. Sebelum melakukan lokakarya peserta dibagi terlebih dahulu menjadi empat kelompok untuk mempermudah koordinasi.

Lokakarya dimulai pada siang hari dengan pembuatan aksesoris dari resin. Keadaan cuaca yang panas tidak membuat antusias peserta lokakarya menurun. Praktik pembuatan aksesoris dipandu oleh Mutiara Ramadhani dan Arindi Putri sebagai anggota tim PHP2D HIMA PLS UNNES. Setelah satu jam melakukan pembuatan aksesoris, sesi selanjutnya adalah pembuatan frame hiasan dinding. Pada sesi ini tim PHP2D HIMA PLS mengundang pemateri yang ahli di bidang tersebut, yaitu Clara Clalista. Proses lokakarya pada sesi kedua juga berjalan dengan lancar, bahkan tidak jarang terdapat celetukan dari peserta yang menyebabkan gelak tawa.

Suasana yang ceria dan penuh canda tawa membuat waktu terasa sangat cepat. Apalagi menjelang sore hari, lokasi lokakarya yang berada di daerah pegunungan terasa semakin sejuk. Hal ini membuat para peserta semakin bersemangat. Di penghujung kegiatan, Rana Indah selaku ketua tim PHP2D HIMA PLS menyerahkan sertifikat kepada Clara Clalista. Sebagai pemateri, Clara Clalista yang merupakan owner dari “Rose Bouqets” tidak lupa memberikan hadiah kepada dua kelompok terbaik. Sesi foto bersama antara pemateri dan peserta lokakarya mengiringi terbenamnya matahari pada hari itu. Lokakarya yang telah dilakukan, harapannya dapat menambah alternatif dan menjadi terobosan dalam pengolahan bunga krisan. Hal ini agar bunga krisan tidak hanya dijual mentah sebagai bunga potong oleh petani, melainkan dapat diolah lagi menjadi produk yang lebih bernilai, bertahan lebih lama dan dapat menarik perhatian pasar. Adapun program selanjutnya adalah ekspo yang akan diselenggarakan di area wisata Gedung Songo Bandungan. Para pemuda Karang Taruna juga akan dilatih strategi berjualan melalui toko online maupun media sosial. Harapannya semua pemuda Dusun Clapar, Desa Duren, Kabupaten Semarang memiliki media sosial yang juga dijadikan sebagai wadah dalam mempromosikan keunggulan desanya.

Ahmad Thoha Aziz

Pemeringkatan Fakultas dan Unit Semester II, Capaian FIP Meningkat

Fakultas Ilmu Pendidikan terus bergerak membuka langkah kedepan untuk capaian yang lebih baik. Dalam rapat pimpinan Universitas Negeri Semarang pada akhir semester ini disampaikan pemeringkatan Fakultas dan Unit sebagai bentuk apresiasi atas capaian berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi semester II Tahun 2020.

Berikut capaian Fakultas Ilmu Pendidikan:

  1. Peringkat 3 Kinerja HBAT Fakultas
  2. Peringkat 5 Kinerja Bidang Akademik
  3. Peringkat 4 Kinerja Bidang Sumber Daya Manusia
  4. Peringkat 5 Kinerja Bidang Kemahasiswaan
  5. Peringkat 2 Kinerja Bidang Kerjasama
  6. Peringkat 3 Unit Teraktif Input Data SIM Kerjasama
  7. Peringkat Umum 5 Fakultas Terbaik
  8. Peringkat 8 Kinerja Income Generating

Dekan FIP, Dr. Edy Purwanto, M.Si. menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga FIP baik pimpinan fakultas, dosen, tenaga kependidikan, dan CS atas kerja kerasnya di Tahun 2020 telah membawa kemajuan (peningkatan) Fakultas Ilmu Pendidikan dan ke depan terbuka jalan lebar mencapai prestasi yang lebih baik.

[Revisi] Jadwal Pengambilan Ijazah Wisuda Daring FIP UNNES Periode 104

Bagi alumni FIP UNNES wisuda daring periode 104 dapat mengambil ijazah sesuai jadwal berikut.

Hari dan TanggalWaktuJurusan
Kamis, 10 Desember 202009.00 – 14.00 WIBPGSD
Jumat, 11 Desember 202009.00 – 14.00 WIBTP, PLS, BK, Psikologi, PGPAUD

Pengambilan dapat dilakukan di Gedung Dekanat Lantai 1 Pelayanan Akademik.

Syarat pengambilan:

  1. Membawa KTM Asli
  2. Bagi yang diwakilkan harap membawa surat kuasa bermaterai dan KTM Asli bersangkutan.
  3. Mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19