The 3rd International Seminar on Education and Human Technology (ISEHT) 2022 “Transforming Education in a Post-Pandemic World: Consequences for Future Teaching and Research”

Date and time
🗓️ Monday, May 23, 2022
🕙 07.00 s.d. 15.00 WIB

📌 Submission and registration form: https://seminar.unnes.ac.id/event-iseht2022
📧 Further inquiries: [email protected]

Keynote Speaker
🗣️Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum
Rector of Universitas Negeri Semarang

Invited Speakers:
🗣️Dr. Churchill Daniel (University of Hong Kong, Hong Kong)
🗣️Assoc. Prof. Dr. Zawawi Ismail (University of Malaya, Malaysia)
🗣️Cecily Bishop (Darling Heights State School, Australia)
🗣Prof. Dr. Wahyudi Sutopo (UNS, Indonesia)
🗣Petra Kristi Mulyani, Ph.D. (UNNES, Indonesia)

CALL FOR PAPERS on the issues:
-Post Pandemic Education
-Global Education
-Psychology and Counseling
-Curriculum and Instruction
-Non-Formal Education
-Early Childhood Education
-Vocational Education
-Primary Education
-Difable Education
-Artificial Intelligence
-Entrepreneurship and Innovation
-Information Technology
-Conservation Education
-Research in Economics Education
-Life Skills Educational
-Community Education
-Community Development
-Education Literacy and Equality
-Courses and Training Programs

🔰Important Dates:
Abstract Paper Submission Deadline: 1 May 2022
Notification of Acceptance: 5 May 2022
Last Date Registration: 8 May 2022
Last Date of Payment: 20 May 2022
Final Paper Submission: 15 May 2022
Virtual Conference Date: 23 May 2022

Hybrid : Zoom Meeting & Onsite Meeting at Dekanat Building of Education Faculty, Sekaran, Semarang, Indonesia.

Seminar Fee
Participant: Rp. 100.000,00 (e-certificate)
Presenter: Rp. 550.000,00 (e-certificate, Souvenir, proceeding ISBN *failed Scopus submission)
Onsite presenter (Offline) may be charged for additional fee

Publication
Selected paper:
~ Proceeding indexed Scopus: 300 USD
~ Journal indexed Sinta 2: Rp.(-/+) 1.500.000, –
~ Journal indexed Sinta 3: Rp. 500.000, –
~ Journal indexed Scopus: Publication Fee
~International Book Chapter: Publication Fee
~ Proceeding ISBN: Free

Contact person:
Zakki Nurul Amin (0882-3301-4667)
Novi Setyasto (0857-2700-0690)
Elok Fariha Sari (0856-4383-1209)

Lomba Guru Kreatif 2022 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES mengadakan lomba untuk guru-guru baik di jenjang PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Semarang ke-57 dengan tema “UNNES Cerdas Untuk Indonesia Emas”. Lomba guru kreatif ini menjadi ajang lomba bergengsi tingkat Nasional dengan total hadiah jutaan rupiah serta sertifikat penghargaan yang bisa diikuti para guru inspiratif di seluruh Indonesia.

Berikut Panduan Lomba Guru Kreatif 2022

MBKM Mandiri BK UNNES di SMA Negeri 15 Semarang Adakan Counselor goes to School: Perintisan dan Sharing Session Program Peer Group

Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) khususnya mahasiswa program MBKM Mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) di SMA Negeri 15 Semarang mengadakan kegiatan Kegiatan Counselor goes to School dalam rangka Perintisan dan Sharing Session Program Peer Group di SMA Negeri 15 Semarang. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada 31 Maret 2022 dengan menghadirkan Muslikah, M. Pd., dosen Jurusan BK UNNES sebagai narasumber. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa MBKM dan guru BK di SMA N 15 Semarang yaitu Dra.Hayuningsih, M.Pd., Sunari, S.Pd., M.Pd., Dinka Rizky A.M, S.Pd., Wahyu Adhi Ariawan, S.Pd., dan Ratri Kurnia Wahani, S.Psi.

Tim MBKM di SMA N 15 Semarang menginisiasi program unggulan yaitu program Peer Group yang sebelumnya pernah dirintis oleh SMA N 15 Semarang namun sempat berhenti dan hal tersebut membuat Tim MBKM untuk menghidupkannya kembali. Kegiatan yang diinisiasi oleh Agri Aprilia F.H, Alfi Fajar Baihaqi, Rama Taufiqur Rahman, dan Bahreisy Ajiyosa, yang merupakan mahasiswa MBKM Mandiri di SMA Negeri 15 Semarang dibawah bimbingan Kusnarto Kurniawan, M. Pd., Kons., bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar peer group serta keterampilan dasar dalam memberikan layanan peer group di setting sekolah kepada tim BK SMA N 15 Semarang.

Kegiatan yang dibuka dan dipandu oleh moderator Agri Aprilia F.H., diawali dengan pemaparan singkat mengenai program yang unggulan BK SMA N 15 Semarang oleh Dinka Rizky A.M, S.Pd. “Program Unggulan BK SMA N 15 Semarang yaitu ada peer group dan kegiatan tambahan yang bertujuan untuk pengembangan diri siswa yaitu ada Podcast kisah sukses alumni Libels (alumi SMA N 15 Semarang), Pengembangan media BK melalui Instagram yang akan dikelola anggota peer group, pembuatan video motivasi bekerjasama dengan ekstrakulikuler videografi di SMA 15, perayaan hari-hari besar yang berhubungan dengan ke-BKan seperti memperingati hari Anti Narkoba yang panitianya adalah para anggota peer group”, paparnya.

Muslikah, M., Pd., selaku narasumber menjelaskan beberapa hal terkaiat peer group dan membagikan pengalaman beliau membentuk program Bimbingan Sebaya di SMA Negeri 12 Semarang. “Dukungan dari teman (peer support) merupakan salah satu asset yang dapat dioptimalkan konselor untuk membentuk sikap konseli”, ungkapnya. Dalam kesempatan sharing session ini tim mahasiswa, guru BK, dan narasumber saling berdiskusi mengenai hal-hal yang perlu disiapkan dalam menjalankan program peer group terutama mengenai hal pengadministrasian. Melalui kegiatan ini harapannya akan ada kegiatan lanjutan secara tatap muka yang akan mendukung terlaksananya Program Peer Group di SMA N 15 Semarang lebih optimal.

Benchmarking Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

11 Maret 2022, Bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan Lantai 3dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat , segenap Senat Fakultas dan Fungsionaris Fakultas menyambut datangnya rombongan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Benchmarking Tata Kelola administrasi PTN-BH

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Dr. Edy Purwanto, M. Si. Mengatakan kerjasama UNNES dan UNNESA ini sudah terjalin sejak lama khusus dalam kerja MBKM. Beliau juga memperkenalkan anggota senat yang hadir pada pertemuan ini. Dilanjutkan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya memberi sambutan dan memperkenalkan Jajarannya yang hadir pada acara ini.

KEMBANGKAN MBKM MANDIRI, JURUSAN PLS FIP UNNES GANDENG MITRA LINTAS SEKTORAL

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) sukses menyelenggarakan kegiatan penandatanganan MOA dan IA dengan Mitra Lintas Sektoral (26/1/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai mitra diantaranya Badan Pengembangan Media Pembelajaran (BPMPK) Kemdikbud, SKB Kabupaten Semarang, PKBM Budi Lestari, PKBM Max Kidz, PKBM HSPG Primagama, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP VICO), Yayasan Anantaka, Yayasan Kalandara, dan Desa Kalongan Kabupaten Semarang. Kegiatan penandatanganan MoA dan IA ini awali dengan acara pembukaan Lagu Indonesia Raya dan Mars UNNES. Dilanjutkan dengan sambutan pertama dari Ketua Jurusan PLS Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd.

“Harapan lembaga dengan adanya program MBKM Mandiri ini, mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang lebih konkrit dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap sebagai calon pendidik dan pengelola pada Pendidikan Nonformal baik dalam bidang studi maupun diluar bidang studi Pendidikan Luar Sekolah untuk mewujudkan kecemerlangan pendidikan” Ujar Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd dalam sambutannya.

Kemudian dilanjutkan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Edy Purwanto, M.Si

“Kolaborasi menjadi sebuah kebutuhan Lembaga khususnya dalam implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Kolaborasi ini bertujuan untuk pengembangan dua Lembaga khususnya di Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai instansi yang menjadi basis kecemerlangan Pendidikan. Semoga FIP akan menjadi lebih Inspiratif selalu memberikan inspirasi untuk pendidikan di Indonesia” Tambah Dr. Edy Purwanto, M.Si. selaku Dekan FIP UNNES saat mengisi sambutan.

Kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim bahwa terdapat 8 kegiatan belajar yang dikembangkan. Mahasiswa dapat memilih sendiri kegiatan MBKM yang ditawarkan antara lain: (1) Asistensi mengajar, SKB Kab. Semarang, PKBM Budi Lestari, PKBM Max Kidz, PKBM Primagama), (2) Magang/ Praktik kerja (LKP VICO, Balai Besar Pendidikan dan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang, Badan Pengembangan Media Pembelajaran (BPMPK) Kemdikbud), (3) Proyek Kemanusiaan: Yayasan Anantaka. Yayasan Kalandara. (4) Membangun Desa/ Pengabdian Masyarakat: Desa Kalongan Kab. Semarang. Selain itu Jurusan ingin bersinergi, berkolaborasi dalam kegiatan MBKM di lembaga Mitra.

Acara dilanjutkan dengan paparan sosialisasi program MBKM oleh Sekretaris Jurusan PLS Abdul Malik, S.Pd., M.Pd.  yang menjelaskan tentang rancangan program MBKM dari tahapan dan linimasa dimulai dari tanggal 31 Januari 2021. Rangkaian program tersebut diantaranya sosialiasi dan pemesanan, pengumuman penempatan, pembekalan, penerjunan, pelaksanaan, penarikan, pelaporan dan luaran dan di akhiri dengan kegiatan seminar hasil yang dilakukan pada tanggal 25 Juni 2022. Adapun rincian kegiatannya antara lain minggu pertama melakukan indentifikasi, minggu kedua dan ketiga merancang program kegiatan, minggu ketiga dan empat belas melaksanan program, dan minggu ke empat belas adalah evaluasi. Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi dari para peserta yang membahas berkaitan dengan teknis perencanaan, pelaksanaan dilapangan dan evaluasi yang dilakukan.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan MOA dan IA Mitra dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah tahun 2022 sebagai output utama dari kegiatan tersebut. Masing-masing mitra yang diundang merasa sangat antusias dengan terselenggaranya Kerjasama dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES.

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, FIP UNNES gandeng FIP UNY

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES menandatangani IA Kesepakatan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa melalui program MBKM, Kamis ( 18/11).

Jalinan kerjasama yang akan dibangun oleh FIP UNNES dengan FIP UNY  dalam waktu dekat ini adalah membahas rancangan kerjasama dalam bidang pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi dan pertukaran mahasiswa dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dekan FIP UNY Dr. Sujarwo, M.Pd. dalam sambutanya menyampaikan FIP UNY dan FIP UNNES bisa memajukan kualitas mahasiswa bersama-sama serta terus menciptakan dan membangun inovasi dalam mewujudkan Kampus Merdeka.

“Kerjasama dari FIP UNNES dan FIP UNY ini adalah untuk memanfaatkan segala sumberdaya yang dimiliki para pihak, dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen serta pengembangan dam mewujudkan Kampus Merdeka” Ucap  Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNNES Farid Ahmadi, M.Kom., Ph.D dalam sambutanya.

Dalam kesempatan tersebut pula, para pihak baik FIP UNNES dan FIP UNY berharap dengan berjalannya kerja sama yang baik diharapkan bisa bersama-sama memberikan kontribusi yang nyata kepada bangsa dengan mencetak generasi yang inovatif dan unggul dalam prestasi.

PENANAMAN BIBIT MANGROVE DAN BERSIH PANTAI OLEH HIMA KTP

Dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2021, Himpunan Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove dan bersih pantai di Pesisir Laut Mangunharjo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Kegiatan dengan tajuk ConservAction atau Aksi Konservasi ini memiliki tujuan untuk melebarkan sayap konservasi UNNES menjadi lebih luas tidak hanya di lingkungan kampus akan tetapi juga di luar kampus. Kegiatan ini bertemakan “Save the Nature With Conservation Action” yang mengajak berbagai elemen mahasiswa dan masyarakat untuk lebih peduli terhadap krisis iklim yang sedang terjadi khususnya daerah pesisir laut. Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si, selaku WD III FIP sangat mengapresiasi aksi ini dan berharap dapat menginspirasi HIMA Jurusan yang lain untuk melakukan kegiatan peduli konservasi alam Indonesia.


Kegiatan ini juga disambut baik oleh Bapak Sururi selaku Ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari sebagai pengelolanya, beliau ingin aksi ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan pesisir laut dan juga mengedukasi pentingnya manfaat mangrove bagi kehidupan manusia. Jumlah bibit mangrove yang ditanam yaitu sebanyak 800 bibit, 500 bibit berasal dari panitia dan 300 bibit berasal dari Bapak Sururi. Muhammad Zakaria Rahman selaku ketua panitia berharap kegiatan seperti ini dapat terus menerus dilakukan ke depannya, partisipasi mahasiswa dan masyarakat sangat dibutuhkan demi menjaga alam dari krisis iklim yang sedang terjadi saat ini.