PENANAMAN BIBIT MANGROVE DAN BERSIH PANTAI OLEH HIMA KTP

Dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2021, Himpunan Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove dan bersih pantai di Pesisir Laut Mangunharjo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Kegiatan dengan tajuk ConservAction atau Aksi Konservasi ini memiliki tujuan untuk melebarkan sayap konservasi UNNES menjadi lebih luas tidak hanya di lingkungan kampus akan tetapi juga di luar kampus. Kegiatan ini bertemakan “Save the Nature With Conservation Action” yang mengajak berbagai elemen mahasiswa dan masyarakat untuk lebih peduli terhadap krisis iklim yang sedang terjadi khususnya daerah pesisir laut. Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si, selaku WD III FIP sangat mengapresiasi aksi ini dan berharap dapat menginspirasi HIMA Jurusan yang lain untuk melakukan kegiatan peduli konservasi alam Indonesia.


Kegiatan ini juga disambut baik oleh Bapak Sururi selaku Ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari sebagai pengelolanya, beliau ingin aksi ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan pesisir laut dan juga mengedukasi pentingnya manfaat mangrove bagi kehidupan manusia. Jumlah bibit mangrove yang ditanam yaitu sebanyak 800 bibit, 500 bibit berasal dari panitia dan 300 bibit berasal dari Bapak Sururi. Muhammad Zakaria Rahman selaku ketua panitia berharap kegiatan seperti ini dapat terus menerus dilakukan ke depannya, partisipasi mahasiswa dan masyarakat sangat dibutuhkan demi menjaga alam dari krisis iklim yang sedang terjadi saat ini.

MAHASISWA FIP MENGIKUTI DIKLAT KADER KONSERVASI TINGKAT PEMULA 2021

Dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi mahasiswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai konservasi, UPT Pengembangan Konservasi menyelenggarakan Diklat Kader Konservasi Tingkat Pemula Tahun 2021 tersertifikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kegiatan ini berlangsung mulai Senin, 22 s.d 28 November 2021, dilaksanakan secara daring dan dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si. Materi diklat berupa dasar-dasar konservasi, dasar-dasar kepemimpinan, kehutanan umum, konservasi flora dan fauna, dasar-dasar komunikasi, bina cinta alam, konservasi seni budaya, search and resque (SAR), dasar P3K, wisata alam, kebencanaa, dan studi lapangan.


Gugus konservasi FIP turut serta melakukan pendampingan terhadap mahasiswa dalam mengikuti diklat kader konservasi tingkat pemula 2021. Wakil Dekan III FIP, Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si berharap para kader konservasi FIP akan mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan serta mampu menerapkannya dalam praktik lapangan. Nilai-nilai konservasi yang patut dijaga dan dikembangkan demi kelestarian keanekaragaman hayati. Kader konservasi FIP tersebut adalah Radita Hasanah, Bintang Permatasari, Ella Elistiani, Farra Nabila Mulia Putri, Maharani Fairuz Salsabila, Netta Adella Fianto, Safitri Fajriani, Sapitri, Taufik Khoiruddin W, dan Yasyfi Atana. Selamat dan sukses untuk kader konservasi FIP.

CINTA PUSPA DAN SATWA, GUGUS KONSERVASI FIP UNNES BERSAMA SD UMMUL QURO

Gugus Konservasi Goes to School dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES bekerjasama dengan SD Ummul Quro mengadakan kegiatan Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa sekaligus meningkatkan kecintaan siswa terhadap flora dan fauna. Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan pengenalan Gugus Konservasi FIP UNNES dengan siswa yang disampaikan oleh Abdul Azis, M.Psi., Psikolog dari tim gugus konservasi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi bercerita tentang cinta puspa dan satwa oleh Atip Nurharini, M.Pd. Setelah itu, terdapat sesi bermain dan menggambar bersama siswa yang difasilitasi oleh Henny Puji Astuti, M.Si.

Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si., selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan menyambut baik kegiatan Hari Cinta Puspa dan Satwa yg dilakukan oleh Gugus Konservasi FIP UNNES, semoga dengan kegiatan tersebut akan menambah kecintaan anak-anak terhadap flora dan fauna. Kegiatan ini berlangsung dalam suasana yang hidup dan ceria didukung oleh antusias siswa yang aktif berpartisipasi pada sesi bercerita, bermain, dan menggambar. Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional diadakan setiap tahun pada tanggal 5 november. Untuk tahun ini, Gugus Konservasi FIP UNNES menyelenggarakan kegiatan satu minggu pasca hari peringatan dengan mempertimbangkan perkembangan pandemi covid-19 dan keaktifan siswa dalam kegiatan sekolah.

Selamat dan Sukses Bapak Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D terpilih sebagai Dosen Berprestasi di FIPJIP 2021

Forum Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) adalah forum ilmiah yang melibatkan pimpinan dan delegasi fakultas yang dilaksanakan secara periodik. Forum FIP-JIP merupakan pertemuan ilmiah yang diselenggarakan dalam rangka memperluas dan mempererat kerja sama, komunikasi, dan kemitraan antar Fakultas Ilmu Pendidikan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri maupun Jurusan Ilmu Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Pada tahun 2021 ini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan FIP-JIP 2021. Kegiatan FIP-JIP 2021 ini diadakan dari tanggal 9-11 November 2021 yang bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh banyak perguruan tinggi, termasuk tim dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNNES, Bapak Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D terpilih sebagai urutan pertama dalam kategori dosen berprestasi. Tentu hal ini menambah prestasi Fakultas Ilmu Pendidikan di kancah Nasional.

Fakultas Ilmu Pendidikan Sukses Adakan Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan

Dalam era modern ini, informasi merupakan kegiatan yang sangat kompleks dalam suatu pendidikan, karena informasi dapat berperan sebagai proses pengambilan keputusan. Untuk mengambil keputusan diperlukan informasi yang lengkap dan jelas. Oleh karena itu instansi pemerintah perlu menciptakan pengelolaan arsip yang baik. Informasi yang tersimpan dalam arsip merupakan informasi yang dibutuhkan oleh semua pihak.

Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pengendalian dan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan, pemindahan dan pemusnahan. Jadi, pekerjaan tersebut meliputi siklus “kehidupan” dokumen sejak lahir sampai mati.

Pelaksanaan pengarsipan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dilakukan oleh tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan pasti akan menghadapi berbagai masalah terkait pengelolaan arsip. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan arsip, maka Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan “Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan FIP”,

Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan FIP dilaksanakan secara daring (virtual) dan dibuka eoleh Wakil Dekan Bidang II melalui zoom meeting karena kondisi pandemi Covid 19. “Peserta berjumlah 40 orang dan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, yang dilaksanakan pada 22 September 2021”

FIP Peringati Hari Konservasi Alam Nasional dengan Lomba Cipta Karya Puisi

Konservasi alam merupakan pelestarian atau perlindungan terhadap alam. Gugus Konservasi Fakultas Ilmu Pendidikan mengajak para sivitas akademika di lingkungannya untuk peduli terhadap konservasi alam kita. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya pelestarian alam dan menggali potensi untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah lomba cipta karya puisi dengan tema keanekaragaman hayati untuk kesejahteraan manusia dalam memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, tanggal 10 Agustus 2021.

Kegiatan ini dibuka dari tanggal 5-15 Juli 2021. 150 puisi terpilih dipublikasikan dalam Buku Antologi Puisi Konservasi Alam Indonesia. Menurut ketua panitia, Atip Nurharini, S.Pd., M.Pd., hadiah dan e-sertifikat akan dikirimkan kepada peserta lomba setelah hari ini. Berikut 10 karya terbaik:

  1. Putri Oktaviani, Mahasiswa PGSD, Judul Harmoni.
  2. Andre Setiawan, Mahasiswa BK, Judul Bumi Marah.
  3. Nabila Hazimah Saputri, Mahasiswa PGPAUD, Judul Aku, Alam, dan Candu.
  4. Dr. Diana, S.Pd., M.Pd, Dosen PGPAUD, Judul Alamku Jangan Bersedih.
  5. Binta Mu’tiya Rizki, S.Psi., M.A, Dosen Psikologi, Judul Nafas Alam.
  6. Nilam Cahya, Mahasiswa PLS, Judul Senja di Rayuan Pulau Kelapa.
  7. Krisna Satria Manggala, Karyawan FIP, Judul Sabda Pagi.
  8. Anisa Faradilla, Mahasiswa PGSD, Judul Alam Tak Lagi Sama.
  9. Ella Elistiani, Mahasiswa PLS, Judul Nyiur Bersedih.
  10. Suryanto, Karyawan FIP, Judul Damai.

Sungkowo Edy Mulyono, selaku WD3 Fakultas Ilmu Pendidikan sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai upaya melestarikan budaya konservasi. Selamat untuk 10 karya terbaik dan 150 karya terpilih. Berkarya bersama dalam Buku Antologi Puisi Konservasi Alam Indonesia, sumbang sih dari pemikiran para dosen, karyawan, maupun mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Semoga ke depannya, FIP semakin inspiratif dan mampu memberikan reputasi demi Indonesia tangguh dan maju.

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan Webinar Nasional Kursus dan Pelatihan di Era New Normal

FIP.UNNES.AC.ID – Rabu, tanggal 14 Juli 2021 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah telah mengadakan Webinar Nasipnal dengan tema Kursus dan Pelatihan di Era New Normal. Webinar Nasional yang mengundang pembicara-pembicara terkenal ini digelar secara daring dan dihadiri kurang lebih 500 peserta melalui platform zoom dan youtube.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES mengatakan salah satu persoalan yang barang kali berbeda harus dihadapi adalah bagaimana membuat pelatihan atau kursus yang diselenggarakan di era new normal pada masa pandemi covid ini yang tidak bisa diselenggarakan seperti waktu sebelumnya. Dekan juga perharap dari webinar ini bisa mengembangkan ide2 baru untuk ditindak lanjuti sehingga menghasilkan ouput-output penting bagi dunia pendidikan kita.

Webinar ini dihadiri Narasumber Sebagai barikut:

Dr. Wartanto (Direktur Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek)

Bagus Kisworo, S.Pd., M.Pd (Kepala Lab. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES)

Agus Subagyo, AT., MM (Direktur LSP Garmindo Plus)

Agus Manto, S.Pd (CEO Vision College.id dan CEO of Sipaud.id)

Dan dimoderatori oleh Dr. Mintarsih Arbarini M.Pd

LESTARIKAN BUDAYA KONSERVASI, PGPAUD SELENGGARAKAN PAGELARAN SENI KEARIFAN LOKAL

Kegiatan pembelajaran selama masa pandemi tidak menutup kreativitas para mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Berbagai model dan produk pembelajaran dihasilkan sebagai bentuk seni pembelajaran pada tiap mata kuliah. Dengan bertajuk Pagelaran Seni Berkearifan Lokal, Jurusan PGPAUD menyelenggarakan pagelaran yang dilakukan secara virtual. Kegiatan ini berhasil memproduksi video pagelaran kesenian dengan mengangkat topik kearifan lokal daerah masing-masing mahasiswa.

Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si., selaku WD3 bidang kemahasiswaan sangat mengapresiasi kegiatan pagelaran seni ini agar terus berlanjut demi meningkatkan bakat, minat, serta kreativitas mahasiswa yang terintegrasi dengan beberapa mata kuliah seni. Selain itu, dapat untuk menumbuhkan semangat dan daya juang mahasiswa PGPAUD di era distrupsi 4.0, dimana terjadi perubahan yang begitu cepat di segala aspek kehidupan.

Terdapat 120 karya yang ditampilkan oleh mahasiswa dengan mengangkat berbagai tema kedaerahan yang menarik. Selama kegiatan produksi, mahasiswa memperoleh pembimbingan yang optimal dari Agustinus Arum Eka, M.Sn dan Akaat Hasjiandito, M.Pd. Kegiatan pagelaran ini merupakan muara dari berbagai mata kuliah seni yang telah ditempuh oleh mahasiswa PGPAUD yang di dalamnya mengandung unsur seni tari, seni musik, tata rias dan busana, koreografi, face painting dan lain sebagainya.

Proses produksi pagelaran seni dilakukan mulai dari kegiatan analisis terhadap potensi daerah masing-masing, pembuatan skenario pagelaran, proses pengambilan video, dan editing dengan berbagai kreativitas yang dikembangkan oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung visi Universitas Negeri Semarang dengan tetap menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif pada bidang konservasi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Pengumuman Pemenang Lomba Unggahan Inspiratif dalam Rangka Bulan Pendidikan FIP UNNES

Lomba unggahan inspiratif dilaksanakan dalam rangkaian pembukaan bulan pendidikan, lomba ini ditujukan bagi civitas academika FIP yang terdiri dari unsur dosen, tendik dan mahasiswa.

Berdasarkan hasil penilaian dari dewan juri maka ditetapkan juara untuk 3 kategori, yaitu sebgai berikut:

Unggahan Terbaik Kategori Dosen

  1. Wantoro (PGPAUD)
  2. Yuli Witanto (PGSD)
  3. Muslikhah (BK)

Unggahan Terbaik Kategori Tendik

  1. Rudiyanto                    (Sub Bagian Rumah Tangga)
  2. Dessy Damayanti       (Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan)
  3. Gina Anggita               (Sub Bagian Akuntansi)

Unggahan Terbaik Kategori Mahasiswa

  1. Berlian Hariratul Mahya (PGSD)
  2. Dewi Puspita Sari (PGSD)
  3. Siti Azizah (BK)

Selamat untuk para pemenang. Pengambilan hadiah dapat menghubungi Sdr. Akaat Hasjiandito dengan nomor HP: +62 821-3519-3489 pada hari dan jam kerja

Semarang, 17 Juni 2021

Koordinator Lomba Bulan Pendidikan

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan The 1st International Conference on Theory and Practice of Education for Society

FIP.UNNES.AC.ID – Selasa (15/06) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan The 1st International Conference on Theory and Practice of Education for Society (ICTPES). Acara ini deigelar dengan tema *Global Issues in Education for All: Learning Innovations for the Society *

Acara ini dihadiri pembicara sebagai berikut :

Assoc. Prof. Wirathep Pathumcharoenwattana

(Lifelong Education Department Chulalongkorn University, Thailand)

Tufel Musyadad, M.Sw

(Charles Darwin University, Australia)

Dr. Ahad Ali

(Associate Professor and Director of Industrial Engineering, Lawrence Technological University, Michigan, USA)

Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, ST., M.Si, IPM

(Universitas Sebelas Maret (UNS), Indonesia)

Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd

(Department of Nonformal Education, Faculty of Education, UNNES,)