Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Konselor Lulusan PPK Jurusan BK FIP UNNES angkatan XIV tahun 2021

Semarang, 29 November 2021. Bertempat di aula pertemuan Dekanat FIP, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Konselor Lulusan PPK. secara Luring dan Daring.

Sebelum dilantik, calon konselor ini telah menempuh Pendidikan selama 600 jam dan diharapkan setelah pelantikan ini  kontribusi positip melalui karya-karya yang bermanfaat.

Dalam acara ini Ketua PB ABKIN Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd memandu pelantikan dan pengambilan sumpah 12 konselor yang berasal dari berbagai daerah.

Dalam sambutanya Dekan FIP Dr. Edy Purwanto, M. Si. Merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada konselor lulusan FIP UNNES yang selama studi menempuh di PPK UNNES ini.

Fakultas Ilmu Pendidikan Sukses Adakan Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan

Dalam era modern ini, informasi merupakan kegiatan yang sangat kompleks dalam suatu pendidikan, karena informasi dapat berperan sebagai proses pengambilan keputusan. Untuk mengambil keputusan diperlukan informasi yang lengkap dan jelas. Oleh karena itu instansi pemerintah perlu menciptakan pengelolaan arsip yang baik. Informasi yang tersimpan dalam arsip merupakan informasi yang dibutuhkan oleh semua pihak.

Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pengendalian dan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan, pemindahan dan pemusnahan. Jadi, pekerjaan tersebut meliputi siklus “kehidupan” dokumen sejak lahir sampai mati.

Pelaksanaan pengarsipan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dilakukan oleh tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan pasti akan menghadapi berbagai masalah terkait pengelolaan arsip. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan arsip, maka Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan “Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan FIP”,

Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Kearsipan Bagi Tenaga Kependidikan FIP dilaksanakan secara daring (virtual) dan dibuka eoleh Wakil Dekan Bidang II melalui zoom meeting karena kondisi pandemi Covid 19. “Peserta berjumlah 40 orang dan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, yang dilaksanakan pada 22 September 2021”

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNNES Sukses Selenggarakan The 2nd International Conference People

Semarang – (Senin, 23/08/2021) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menyelenggarakan The 2nd International Conference People dengan tema yang diangkat yaitu Primary Education Pivotal Literature and Research : Primary Education in Pandemic Era.

Dengan mengundang banyak pembicara yang mumpuni pada bidangnya. Bapak Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Semarang, beliau menjadi pembicara utama dalam acara ini.

Selain itu, dalam konferensi internasional ini juga banyak menghadirkan pembicara pembicara yang hebat yang berasal dari berbagai negara.

Diantaranya adalah

1. Prof. Dr. Supyan Hussin, yakni Doktor dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Kebangsaan Malaysia.

2. Dr. Eric Chi Keung, seorang Doktor di Universitas Pendidikan Hongkong.

3. Farid Ahmadi, S. Kom,. M. Kom., Ph. D.  Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

4. Adrian Rodgers, Ph. D. Dosen di Sekolah Tinggi Pendidikan dan Ekologi Manusia, Universitas Negeri Ohio, USA.

Wakil Dekan Bidang Akademik FIP UNNES Farid Ahmadi PhD.,mengatakan IC PEOPLE ini merupakan konferensi internasional kedua yang diadakan oleh jurusan PGSD, dan termasuk sebagai salah satu program kerja bidang akademik, tentu Fakultas Ilmu Pendidikan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini.

Seminar ini juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman pendidikan terkait tantangan dan pengetahuan serta inovasj pembelajaran pada pendidikan sekolah dasar di era panndemi seperti sekarang ini.

Seminar internasional dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom dan Youtube,  dan berlangsung pada hari Senin, 23 Agustus 2021.

Seminar ini membahass banyak pokok bahasan yang sangat menarik seputar pendidikan  diantaranya :

1. Pendidikan seni

2. Pendidikan karakter

3. Perkembangan Anak

4. kurikulum pendidikan

5. penelitian dan pengembangan pendidikan

6. Teknologi pendidikan

7. Pendidikan literasi

8. Media pembelajaran

9. Kompetensi guru

Agenda dalam seminar online ini yaitu meliputi sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai macam universitas di Indonesia.

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Sukses Selenggarakan Webinar Nasional Kursus dan Pelatihan di Era New Normal

FIP.UNNES.AC.ID – Rabu, tanggal 14 Juli 2021 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah telah mengadakan Webinar Nasipnal dengan tema Kursus dan Pelatihan di Era New Normal. Webinar Nasional yang mengundang pembicara-pembicara terkenal ini digelar secara daring dan dihadiri kurang lebih 500 peserta melalui platform zoom dan youtube.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES mengatakan salah satu persoalan yang barang kali berbeda harus dihadapi adalah bagaimana membuat pelatihan atau kursus yang diselenggarakan di era new normal pada masa pandemi covid ini yang tidak bisa diselenggarakan seperti waktu sebelumnya. Dekan juga perharap dari webinar ini bisa mengembangkan ide2 baru untuk ditindak lanjuti sehingga menghasilkan ouput-output penting bagi dunia pendidikan kita.

Webinar ini dihadiri Narasumber Sebagai barikut:

Dr. Wartanto (Direktur Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek)

Bagus Kisworo, S.Pd., M.Pd (Kepala Lab. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES)

Agus Subagyo, AT., MM (Direktur LSP Garmindo Plus)

Agus Manto, S.Pd (CEO Vision College.id dan CEO of Sipaud.id)

Dan dimoderatori oleh Dr. Mintarsih Arbarini M.Pd

Mahasiswa PGSD Raih Juara 1 dalam Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2021 tingkat Kabupaten Rembang

Selamat kepada MUHAMMAD KHAMMAS AINUN NI`AM mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan meraih juara 1 dalam Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2021 tingkat Kabupaten Rembang  setelah menyisihkan sebanyak 41 peserta.

Semoga dapat memberikan motivasi untuk senantiasa berprestasi kepada mahasiswa Ilmu Pendidikan lainnya.