Memperingati Hari Menanam Nasional, Mahasiswa Menanam 1100 Pohon

Senin, Gugus konservasi FIP Unnes dimotori oleh Atip N, M. Pd bersama Abdul Aziz, M. Psi.dan Firdi M. Pd dibantu tim kemahasiswaan FIP yg dikoordinasi oleh Sini, M. Pd bersama semua Ibu Bapak pembina Himpunan mahasiswa se fakultas Ilmu Pendidikan sukses mengadakan penanaman Pohon dalam rangka Hari Penanaman Pohon Indonesia.
Acara penanaman dilakukan serentak dan hybrid. Sebanyak 1100 mahasiswa baru FIP melakukan penanaman pohon di tempat masing-masing terpantau lewat zoom dan 100 mahasiswa di Ngalian serta 100 orang di lahan kelurahan ngijo gunungpati bersama pengurus Bem FIP dan Hima se-FIP.

Acara yang dibuka langsung oleh dr. Sungkowo Edy selalu wakil dekan 3 FIP ditemani dosen pembina kemahasiswaan berarti dosen dan tendik FIP baik langsung di lapangan dan lewat zoom.

Wd3 FIP mengucapkan banyak trimakasih kepada bu Lilis selalu lurah ngijo atas penyediaan lahan dan tempat pembukaan acara penanaman pohon serentak tersebut, beliau mengucapkan salam dari Dekan yang sedang rapim di Bali. Smg program penanaman pohon tsb dapat makin menjaga alam kita yang makin terpinggirkan.

Bu lilis selaku lurah Ngijo sangat bertrimakasih atas kepercayaan FIP Unnes utk dijadikan tempat penanaman pohon tersebut. Beliau didampingi para perangkat desa mengatakan siap menerima program-peogram selanjutnya.

Asesmen lapangan LAMDIK prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

sesmen lapangan LAMDIK prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) telah berlangsung selama 2 hari, pada tanggal 11 – 12 November 2022.

Asesor yang bertugas antara lain Dr. Parwoto, M.Pd berasal dari Universitas Negeri Makasar dan Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia, kedua asesor telah mendampingi dan memberi rekomendasi guna peningkatan kualitas prodi PGPAUD FIP UNNES.

Usaha dan doa mengiringi langkah prodi PGPAUD semoga mendapat hasil yang terbaik. Amin…

FIP Super!
PGPAUD Ceria, ceria, ceria…

Terpilih! Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Periode 2023 – 2027

Telah dilaksanakan pemilihan Dekan Bersama dengan Rektor yang di wakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. ZAENURI, M.Si. Akt pada hari Rabu, 9 November 2022 di laksanakan di Ruang Pertemuan Dekanat FIP belangsung dengan khidmad dan lancar. Kegiatan Pemilihan Dekan FIP dihadiri seluruh senator Fakultas yang berjumlah 16 orang perwakilan dari setiap jurusan. Proses penghitungan suara di pandu oleh panitia dan 2 orang saksi dari senat dalam pembacaan surat suara yaitu Dr. Drs. Heru Mugiarso, M. Pd., Kons. dan Heri Triluqman Budisantoso, S. Pd., M. Pd.. Hasil perolehan suara terbanyak terpilih Dr. Edy Purwanto, M.Si. dengan perolehan 13 suara dari total 25 suara. Kegiatan ini ditutup dengan arahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan memberikan arahan kepada Dekan terpilih untuk bersiap menghadapi tantangan PTN-BH sehingga FIP Siap Menjadi Pelopor Kecemerlangan Pendidikan Berwawasan Konservasi.

Ditetapkan oleh Senat, berikut Tiga Calon Dekan FIP UNNES 2023-2027

Kepemimpinan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES periode 2018-2022 akan segera berakhir. Sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 47 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Pasca Sarjana maka pemilihan Dekan untuk masa jabatan 2023-2027 akan segera dilaksanakan. Hari Jumat tanggal 4 November 2022 dalam rapat Senat akhirnya ditentukan calon dekan yang akan maju dalam pemilihan dekan. Tiga nama Calon Dekan (secara abjad), yakni Dr. Edy Purwanto, M.Si., Farid Ahmadi, S.KOM, M.Kom, Ph.D. dan Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si.

Pemilihan Dekan dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Rektor yang berlaku. “Penetapan calon Dekan telah melalui berbagai proses, mulai dari seleksi hingga perumusan visi dan misi dilanjutkan dengan penetapan yang dilakukan pada sidang Senat,” kata Sony Zulfikasari, ketua panitia Pemilihan Dekan periode 2023-2027.

Calon Dekan menyampaikan Visi-Misi sesuai dengan ide dan gagasannya untuk pengembangan Fakultas Ilmu Pendidikan ke depan sehingga menjadi Fakultas yang lebih baik lagi. Konsep pengembangan juga disesuaikan dengan tahapan yang telah dicanangkan UNNES pada 2023-2027.

Edy Purwanto dalam visi misi kepemimpinannya mencanangkan penguatan kapasitas SDM dan Tata kelola untuk mewujudkan kecemerlangan Fakultas, Strategi membangun kecemerlangan dosen, mahasiswa serta Good Governance hasilkan akreditasi Unggul pada Prodi di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sementara Farid Ahmadi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan bidang akademik dalam menyampaikan visi dan misinya untuk menjadi leader dalam mewujudkan capaian indikator kinerja utama fakultas ilmu pendidikan melalui optimalisasi capaian 8 IKU Kemendikbud, peningkatan peran warga FIP di dunia pendidikan, dan Reborn FIP menggenggam pendidikan UNNES.

Sungkowo Edy Mulyono yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan bidang kemahasiswaan mendapatkan kesempatan terakhir karena penyampaian ditentukan sesuai dengan urutan abjad, dengan penyampaian visi dan misinya menjadikan FIP dengan semua prodinya terakreditasi Unggul, mengembangkan jurnal FIP yang terakreditasi nasional/internasional, membangun jaringan kerjasama dengan berbagai instansi di dalam dan luar negeri serta DUDI/UMKM, serta mempromosikan mahasiswa dikancah nasional dan internasional melalui prestasi yang telah diraihnya.   Ketiga calon Dekan tersebut akan dipilih dalam rapat senat Fakultas Ilmu Pendidikan. Senat FIP UNNES sendiri berjumlah 16 orang terdiri dari wakil prodi yang ada di fakultas. Selain itu, Rektor UNNES juga memiliki suara sebanyak 35% dalam pemilihan Dekan kali ini. Pemilihan Dekan FIP akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 November 2022 esok.

Pemilihan DUTA Fakultas Ilmu Pendidikan hadirkan Puteri Indonesia Persahabatan 2022

Ajang yang digelar 2 tahunan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di fakultas ilmu pendidikan. kegiatan ini dilakukan secara luring yang dapat dihadiri oleh penonton, meskipun demikian kegiatan ini masih menerapkan protokol kesehatan. acara pemilihan duta FIP 2022 memiliki cukup banyak rangkaian acara yang dilewati, mulai dari pendaftaran, pembekalan, seleksi hingga grandfinal. Acara yang dibuka oleh Dekan FIP Dr. Edy Purwanto S.Psi., M.Si. ini juga dihadiri oleh Puteri Indonesia Persahabatan 2022 (Catherine Widya Puteri Stummer) dan juga Juara 1 Duta Genre Kab. Batang 2021 (Hani Falasifah) sebagai juri.

Pemilihan dan seleksi dari duta jurusan juga merupakan kunci dari siapnya para finalis dalam pemilihan duta FIP 2022 ini, show talent yang disajikan juga penuh dengan keseriusan serta penghayatan. Pemilihan Duta FIP diikuti oleh semua jurusan yang ada di dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, diantara adalah Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi, dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Dari total 23 finalis, terpilih 10 orang yang masuk ke dalam grandfinal pemilihan duta FIP 2022. Pemenang dalam ajang ini diantaranya Juara 1 Putra Rayhan Ahmed Fadilla (TP), Juara 1 Putri Nailal Fauziyah (Psikologi), Juara 2 Putra Nawang Purbo Aji (BK), Juara 2 Putri Ayu Fadjri Agustiani (Psikologi), Juara 3 Putra Faisal Miftakhul Ridho (PGSD), Juara 3 Putri Yasmin Meilana Tsani (BK), Juara Kepribadian Rossi Dewanti Maharan (TP), Juara Intelegensia Ichwan Febri Hidayaturahman (Psikologi), Juara Persahabatan Nimas Putri Ayuningtyas ( TP), Juara Berbakat Sulaeman Fityan Saputra (PLS).

[WEBINAR PRESTASI NASIONAL & TALK SHOW TAHUN 2022]

Hallo Mahasiswa, Sudah siapkah menjadi bagian mahasiswa berprestasi??
Inilah saatnya kamu meraih prestasi.

Yuk ikuti webinar prestasi nasional & talk show tahun 2022 dengan narasumber:

  1. Ilham Muhammad (Mahasiswa Berprestasi 1 Tingkat Nasional Tahun 2022)
  2. Nurharianto Jayadi (Mahasiswa Berprestasi 1 FIP UNNES Tahun 2023)
  3. Nilna Aula Niswah (Mahasiswa Berprestasi 2 FIP UNNES Tahun 2023)

🗓️: Sabtu, 22 Oktober 2022
⏰: 12.15 WIB s.d Selesai
📍: Zoom Meeting

Daftarkan diri kamu (GRATIS) melalui: https://bit.ly/PendaftaranWebinarMapres
Syarat dan Ketentuan: Bagikan pamflet di IG Story

More Information: https://wa.me/6285641776698 (Nastasya)

Informasi PEMILIHAN PIMPINAN FAKULTAS (DEKAN) PERIODE TAHUN 2023 – 2027 FIP UNNES 2022

Dengan akan berakhirnya masa jabatan Pimpinan Fakultas (Dekan) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Tahun 2023, FIP akan melaksanakan pemilihan Pimpinan Fakultas (Dekan) untuk periode 2023 – 2027.

Pemilihan Pimpinan Fakultas (Dekan) berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) No 47 Tahun 2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Pascasarjana UNNES dan Berpedoman Pada Peraturan Rektor UNNES No 17 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana di Lingkungan UNNES serta Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) No 28 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Rektor Nomor 47 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Pascasarjana UNNES, kami memberikan kesempatan kepada akademisi terbaik di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) untuk mengikuti penjaringan Bakal Calon Dekan FIP UNNES.

Terkait hal tersebut kami sampaikan informasi sebagai berikut (terlampir):

  1. Agenda Pemilihan Pimpinan Fakultas (Dekan)
  2. Persyaratan Bakal Calon Pimpinan Fakultas (Dekan)
  3. Formulir kesediaan menjadi Bakal Calon Pimpinan Fakultas (Dekan)

Pengumpulan berkas persyaratan diserahkan ke sekretariat penjaringan dan pemilihan calon Dekan periode 2023 – 2027, Bagian Umum dan Kepegawaian FIP UNNES pada jam kerja.

Dokumen Surat Edaran terlampir Disini.

PILMAPRES 2023. FIP UNNES SIAP BERLAGA DI AJANG MAHASISWA BERPRESTASI UNIVERSITAS

Selasa (20/08/2022), Fakultas Imu Pendidikan UNNES menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk motivasi bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan. Mahasiswa harus senantiasa aktif ddalam berbagai kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler di kampus. Mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga unsur hard skill dan soft skill yang menyempurnakan kinerja lulusan di kehidupan masyarakat karena sinergi antara keduanya sangat diperlukan.

“Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan ajang kompetisi bergengsi bagi mahasiswa terkait pencapaian mereka selama menjadi mahasiswa di kampus. Yang diartikan presetasi disini bukan hanya aspek akademik saja, tapi juga non akademik. Ada beberapa kategori prestasi yang diakui seperti kompetisi, pengakuan, penghargaan, hasil karya, karir organisasi, kerelawanan, termasuk juga kewirausahaan. Tentu ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi mahasiswa untu dapat berprestasi sesuai dengan passion yang digeluti” Tegas All Fine Loretha S.Pd., M.Pd selaku ketua penyelenggara.

Kegiatan Pilmapres FIP diikuti oleh semua perwakilan jurusan yang meliputi: Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi, dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Proses pemilihan diselenggarakan melalui beberapa tahapan diantaranya tes wawancara capaian unggulan, gagasan kreatif, dan speech (pidato berbahasa Inggris). Ini juga merupakan ajang Mapres pertama yang diselenggarakan secara luring setelah kondisi pandemi Covid 19.

“Harapannya FIP dapat memiliki generasi unggul dengan segala bidang prestasi yang diminati oleh mahasiswa. Ajang ini juga menjadi awal untuk menentukan siapakah yang akan mewakili FIP di tingkat Uniiversitas. Harapannya pemenang Mapres FIP bisa menjadi wakil untuk UNNES di tingkat Nasional. Ini juga bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain di Fakultas Ilmu Pendidikan” Ujar Dr. Sungkowo Edy Mulyono, M.Si dalam wawancara. Pemenang dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIP UNNES diantaranya Juara 1 FIP Nurharianto Jayadi (Psikologi), Juara 2 FIP Nilna Aula Niswah (Bimbingan dan Konseling), Juara 3 FIP Natasya Pustika Siregar (Psikologi), Harapan 1 Tanisa Hasdiani (Pendidiikan Luar Sekolah), Harapan 2 Anggun Karomah (Bimbingan Konseling). Juara 1 dan 2 secara resmi menjadi perwakilan FIP dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat Universitas Negeri Semarang